Perhatikan Cara Pemberian Pakan untuk Ikan Lele yang Benar

Pertanianku — Pakan merupakan komponen penting untuk menunjang pertumbuhan ikan lele. Pakan ikan lele tidak dapat diberikan sembarangan tanpa berdasarkan ilmu. Pakan ikan lele harus memiliki kualitas yang baik dan mengandung protein minimal 31 persen. Pakan ikan lele biasanya berbentuk pelet.

pakan ikan lele
foto: pertanianku

Pelet di pasaran ada dua jenis, yakni pelet apung dan pelet tenggelam. Biasanya pelet yang diberikan berupa pelet apung. Agar Anda lebih mudah memahami bagaimana pemberian pakan yang tepat, perhatikan beberapa poin di bawah ini.

Penentuan nilai FCR

Loading...

FCR atau Food Conversion Ratio merupakan ukuran yang menyatakan rasio antara jumlah pakan yang digunakan dan hasil panen ikan. Artinya, FCR merupakan jumlah pakan yang dibutuhkan untuk menghasilkan 1 kg daging ikan. Dengan perhitungan FCR, Anda akan mengetahui kualitas pakan yang Anda diberikan pada ikan.

Contohnya, jumlah pakan yang Anda berikan selama masa pemeliharaan adalah 450 kg, berat awal ikan saat ditebar adalah 30 kg, dan berat ikan saat dipanen adalah 480 kg. Perhitungan FCR adalah jumlah pakan dibagi dengan pengurangan antara berat total ikan saat panen dan berat ikan saat ditebar. Hasil perhitungan tersebut adalah 1. Artinya, setiap 1 kg pakan ikan dapat membentuk 1 kg daging ikan.

Jumlah dan metode pemberian pakan

Pakan yang diberikan untuk ikan setiap harinya sebanyak 3—6 persen dari total bobot ikan. Namun, persentase tersebut terbilang fleksibel bergantung pada nafsu makan ikan saat itu. Namun, ketika menjelang masa panen, sebaiknya jumlah pakan dikurangi menjadi 2—3 persen dari bobot ikan.

Anda dapat memberikan pakan dengan metode secara bertahap tetapi langsung dalam jumlah banyak dan berhenti ketika ikan sudah kenyang. Ikan yang kenyang akan malas dan tidak agresif menyambut makanan.

Baca Juga:  Resep Olahan Makanan dari Rumput Laut yang Bisa Dijadikan Ide Bisnis

Cara pemberian pakan

Anda dapat memberikan dengan cara ditabur merata hingga seluruh ikan yang ada di kolam mendapatkan pakan dengan rata. Pemberian pakan dapat dilakukan dengan pemberian setengah dosis terlebih dahulu. Jika ikan masih agresif menyambut pakan, berikan lagi setengah dosis selanjutnya.

Waktu dan frekuensi pemberian pakan

Waktu pemberian pakan berdasarkan nafsu makan ikan. Ikan lele merupakan ikan nokturnal, sebaiknya berikan pakan ikan pada sore atau malam hari, jangan terlalu pagi. Frekuensi pemberian pakan secara intensif dapat dilakukan sebanyak 3—4 kali dalam sehari.

Loading...
Loading...