Perhatikan Cara Pembibitan Mawar di Polibag, Ini Caranya

Pertanianku — Sebagai salah satu tanaman hias paling populer, mawar banyak dibudidayakan. Biasanya, mawar dirawat ketika sudah mendapatkan bibit mawar dan membesarkan bibit tersebut. Namun, ternyata cara pembibitan mawar cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah.

 cara pembibitan mawar
Foto: freepik

Saat yang paling tepat untuk menanam bunga mawar adalah di awal musim penghujan. Tanaman ini pun bisa dibibitkan dari bibit mawar cabutan dan bibit mawar dengan penyemaian. Berikut ini cara pembibitan mawar di polibag dengan penyemaian.

Pertama, Anda perlu mencari bibit mawar berkualitas terlebih dahulu. Ciri bibit yang berkualitas adalah apabila dimasukkan ke air, bibit tersebut akan tenggelam. Bila bibit mengambang, sebaiknya jangan digunakan karena kualitasnya kurang.

Loading...

Bibit yang sehat berasal dari tanaman yang produktif berbunga. Bunga tanaman mawar biasa tumbuh subur dan terlihat memiliki warna cerah dan ukuran yang berkembang. Anda bisa mengambil bibit dari bunga mawar yang sudah matang yang ada pada tanaman milik Anda sebelumnya.

Ambil biji tersebut yang sudah membusuk dari mawar pada media semai. Setelah diuji dengan dimasukkan ke air, cuci biji yang akan digunakan dengan air bersih. Pencucian tersebut dilakukan untuk membersihkan biji. Kemudian, tiriskan biji untuk dikeringkan.

Biji dikeringkan dengan cara ditiriskan pada tempat yang teduh. Letakkan dan semaikan biji tanaman mawar dengan jarak antarbaris sekitar 5—10 cm hingga merata. Lakukan penyiraman pada biji mawar secara berlanjut, kurang lebih satu hingga dua kali dalam sehari. Tunggu selama kurang lebih empat minggu. Biji mawar pun akan mulai berkecambah dan siap untuk langkah selanjutnya.

Siapkan media tanam dalam polibag. Anda bisa menggunakan campuran tanah yang subur dan banyak mengandung unsur hara. Hal ini untuk menunjang pertumbuhan bibit mawar menjadi lebih cepat.

Baca Juga:  Tanaman Hias Harum yang Belum Banyak Dilirik

Anda bisa menggunakan campuran tanah, pupuk organik, dan pasir dengan perbandingan 1:1:1. Pindahkan bibit mawar ke dalam polibag tersebut. Rawat hingga berumur kurang lebih 22 bulan. Pada umur tersebut, bibit mawar pun sudah siap untuk dipanen dan dipindah ke media tanam sebagai tanaman hias.

Pindahkan bibit mawar ke tanah dengan ukuran 60 cm dan lebar 60 cm. Tanam mawar pada kedalaman kurang lebih 45 cm. Saat membuat lubang, tanah di bagian bawah harus dikumpulkan secara terpisah. Pemisahan ini dilakukan karena kedua jenis tanah tersebut akan digunakan sebagai penutup lubang tanam. Jangan lupa untuk memilih lahan yang teduh karena bunga mawar sebaiknya tidak terkena paparan sinar matahari.

Loading...
Loading...