Perhatikan Hal ini Sebelum Budidaya Daun Bawang

Pertanianku – Daun bawang atau yang memiliki nama ilmiah Allium fistulosum merupakan tanaman sayuran yang banyak dimanfaatkan sebagai tambahan olahan berbagai makanan.

Perhatikan Hal ini Sebelum Budi Daya Daun Bawang

Hampir semua masakan di Indonesia menambahkan daun bawang di dalamnya untuk menambah citarasa yang lebih lezat. Mulai dari berbagai olahan sup, bahkan gorengan menggunakan daun bawang sebagai pelengkapnya.

Loading...

Menggunakan daun bawang juga tidak hanya dilakukakan oleh para ibu rumah tangga saja, namun permintaan pasar juga tidak pernah menurun terhadap daun bawang ini bahkan cenderung stabil dibandingkan dengan berbagai macam sayur mayur lainnya.

Stabilnya permintaan daun bawang dipasaran, budidaya daun bawang pun terus berkembang dengan berbagai media tanam. Dan berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam budidaya daun bawang.

  1. Penggemburan tanah

sebelum Anda memulai budidaya daun bawang terlebih dahulu Anda harus menyiapkan tanah yang telah digemburkan dengan cara dicangkul atau dibajak dan sebarkan pupuk kompos  dan ditambahkan pula pupuk dasar NPK dan phosphate.

  1. Pemilihan bibit

Pilih bibit berwarna merah pudar yang masih utuh dan tidak gembos serta berwarna hijau segar pada ujung daunnya. Bibit ini berumur 2 bulan atau lebih.

  1. Penanaman

Potong seperempat ujung bibit dan tiriskan pada tempat yang berangin. Benamkan 2/3 bagian bibit pada media yang telah digemburkan sebelumnya. Lakukan penyemprotan herbisida maksimal satu hari setelah masa tanam.

  1. Pemupukan

Pemberian pupuk pada budidaya daun bawang dilakukan dalam beberapa tahap, di antaranya adalah:

  1. Tahap dasar

Pemupukan dilakukan pada saat pengolahan tanah.

  1. Tahap susulan

Pemupukan ini dilakukan setelah pembersihan gulma dilakukan.

  1. Tahap pertama

Dilakukan pada saat daun bawang berusia seminggu.

  1. Tahap kedua

Dilakukan pada saat daun bawang berusia tiga minggu.

  1. Tahap ketiga
Baca Juga:  Mengenal Sayuran Compositae

Dilakukan pada saat daun bawang berusia empat minggu.

  1. Pemeliharaan

Pembersihan gulma dilakukan minimal dua minggu sekali dan penyiraman dilakukan maksimal seminggu sekali, lakukan pengulangan jika media tanam sudah tampak kering.

  1. Masa Panen

Daun bawang dapat dinikmati hasilnya setelah budi daya telah dilakukan selama 4 bulan.

Loading...
Loading...