Perhatikan Hal Ini Terlebih Dahulu Sebelum Membuat Infused Water

Pertanianku Infused water, salah satu minuman menyehatkan yang mulai digemari oleh banyak orang. Semua orang pasti bisa membuat minuman menyehatkan ini karena hanya tinggal memotong-motong bahan infused seperti sayuran atau buah-buahan, kemudian berikan air mineral. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membuat infused water agar hasil yang didapatkan lebih enak dan bernutrisi. Simak ulasan berikut ini.

infused water
foto: Pixabay

Buah yang digunakan harus segar

Buah yang digunakan sebaiknya dalam keadaan segar. Hal ini karena buah segar masih mengandung gizi yang lengkap dibanding bahan pangan yang sudah dimasak. Bahan pangan yang sudah dimasak sudah kehilangan 30—80 persen kandungan gizinya. Apalagi, untuk zat gizi minor dan fitonutrein.

Selain itu, bahan pangan yang masih segar juga lebih mudah dicerna dibanding bahan pangan yang sudah diolah. Kandungan energi buah segar juga terbilang lebih besar.

Buah sudah matang secara optimal

Tak hanya kondisi kesegaran yang harus Anda perhatikan, kondisi kematangan buah seharusnya juga menjadi perhatian Anda. Gunakan buah yang sudah matang, tetapi jangan sampai kelewat matang. Umumnya, buah-buah yang belum matang memiliki gizi yang belum terbentuk sempurna.

Kebersihan buah

Pastikan buah yang akan digunakan untuk membuat infused water sudah dicuci bersih agar tidak ada lagi kotoran dan pestisida yang terdapat pada buah. Proses pemotongan sebaiknya dilakukan setelah buah dicuci, jangan sebaliknya. Hal ini bertujuan agar zat-zat gizi seperti vitamin yang larut dalam air tidak ikut terbuang saat proses pencucian.

Buah organik

Sebaiknya, gunakan buah organik agar Anda bisa menggunakan kulit buahnya. Buah-buah yang tidak organik umumnya memiliki kandungan bahan kimia pada kulitnya sehingga bagian tersebut lebih baik dikupas dan dibuang.

Baca Juga:  Manfaat di Balik Kesegaran Infused Water Stroberi

Berikan bahan penambah rasa

Agar rasa infused water lebih lezat dan bervariasi, Anda bisa menambahkan maple syrup ataupun madu. Namun, penambahan ini tidak bisa dilakukan oleh penderita penyakit diabetes mellitus. Anda juga bisa menambahkan sedikit garam untuk menguatkan rasa.

Simpan di dalam kulkas

Infused water sebaiknya disimpan di dalam kulkas selama 6 sampai 12 jam. Hal ini bertujuan untuk mengeluarkan sari pati buah dan melarutkannya ke dalam air.