Perhatikan Ini Saat Memilih Wadah Budidaya Ikan

Pertanianku — Beragam jenis wadah bisa digunakan untuk wadah budidaya ikan. Mulai dari kolam, tebat, hampang, keramba, akuarium, atau tempat lainnya. Terpenting, wadah tersebut bisa menampung media budidaya berupa air dan komoditas berupa ikan.

wadah budidaya ikan
Foto: instagram parfumaromakopi

Ikan yang tumbuh di habitat aslinya tentu memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Oleh karena itu, pembuatan wadah budidaya juga sebaiknya dimiripkan dengan habitat aslinya. Dalam pembuatan wadah budidaya, perlu diperhatikan beberapa hal agar tidak salah memilih wadah.

Ikan budidaya

Loading...

Jenis ikan akan sangat memengaruhi jenis wadah budidaya yang digunakan. Tiap-tiap jenis ikan memiliki cara hidup, pemijahan, dan peletakan telur yang berbeda. Oleh karena itu, desain wadah budidaya pun harus disesuaikan dengan sifat ikan yang dipilih.

Lokasi budidaya

Lokasi budidaya akan memengaruhi tumbuh dan kembang ikan. Wadah yang berada di perairan umum pasti akan berbeda dengan wadah budidaya yang berada di kolam. Bentuk wadah pun akan menyesuaikan lokasi budidaya. Kolam ini akan menyesuaikan suplai air, kualitas air, dan tekstur dan kontur tanah yang ada.

Tahapan budidaya

Tingkatan ikan juga memengaruhi bentuk wadah budidaya. Pada saat proses pemijahan, penetasan telur hingga menjadi benih, lebih baik wadah yang digunakan berupa kolam tanah. Anda juga bisa menggunakan kolam terkontrol. Misalnya akuarium, fiber glass, plastik, atau tempat lainnya.

Sementara, untuk tahapan pendederan hingga pembesaran, budidaya ikan bisa menggunakan wadah atau tempat berupa kolam tembok atau kolam tanah. Anda juga bisa menggunakan bak atau kolam terpal. Kolam dengan terpal bisa dilubangi bagian dasar atau dengan membuat kerangka dari bambu atau pipa logam.

Anda juga bisa menggunakan keramba, yaitu kurungan yang mengapung di perairan. Keramba terbuat dari kayu atau bambu. Jaring apung juga bisa digunakan dengan cara memasangi pelampung. Begitu pula dengan hampang, pagar kurungan yang mengelilingi luasan tertentu.

Baca Juga:  Penyebab Kematian pada Benih Lele yang Wajib Diantisipasi

Modal

Modal sangat penting untuk diperhatikan. Pastikan sebelum membuat wadah budidaya, Anda mempertimbangkan kemampuan finansial dan kemungkinan hasil penjualan ikan tersebut.

Loading...
Loading...