Perhelatan Indonesian International Book Fair 2017 Kembali Digelar


Pertanianku – Pameran buku terbesar di Indonesia, yakni Indonesian International Book Fair 2017 (IIBF) kembali digelar dengan megah di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta pada 6 hingga 10 September 2017.

Perhelalatan IIBF yang diselenggarakan setiap tahunnya bertujuan meningkatkan dunia literasi di Indonesia ini menghadirkan sejumlah kegiatan menarik mulai dari talkshow yang diisi oleh penulis ternama di Indonesia hingga praktisi dunia literasi yang kompeten di bidangnya.

IIBF sendiri merupakan kegiatan tahunan di dunia perbukuan yang diselenggarakan oleh Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI). IIBF diselenggarakan pertama kali pada 1980, dan tahun ini (2017) adalah penyelenggaraan yang ke-37.

Sejak 2014 IIBF bertransformasi menjadi pameran buku berskala internasional. Tahun ini IIBF yang akan diselenggarakan selama lima hari ini digadang-gadang sebagai pameran buku termegah dan selalu berinovasi membangkitkan gairah masyarakat tentang pentingnya dunia literasi bagi kemajuan bangsa.

Sedikitnya terdapat 15 negara perwakilan turut berkontribusi meramaikan Indonesia International Book Fair (IIBF 2017). Kelima belas negara peserta tersebut adalah Filipina, Taiwan, Korea Selatan, Jerman, Prancis, Mesir, Jepang, Malaysia, Singapura, Bosnia, Belanda, Cina, dan Indonesia sebagai tuan rumah.

Perwakilan negara tersebut akan menyuguhkan karya literasi dari penerbit ternama negara di IIBF 2017. Selain itu, pengunjung bisa mendapat beragam informasi lain terkait negara peserta, termasuk informasi wisata dan budaya.

Beberapa negara lain kini sedang mempertimbangkan untuk turut ambil bagian antara lain Arab Saudi, Brunei Darussalam. Selain dua negara tadi, institusi pameran buku besar London Book Fair juga tengah menjajaki kemungkinan berpartisipasi di IIBF 2017.

IIBF merupakan pusat kegiatan promosi, transaksi, diskusi, dan interaksi nasional ataupun internasional bagi kalangan penerbit, penulis, pustakawan, aktivis literasi, seni, budaya, dan pendidikan, serta pelaku industri kreatif lainnya.

Bagi partisipan domestik IIBF adalah gerbang menuju pasar global. Sementara, bagi partisipan asing, IIBF adalah gerbang memasuki pasar raksasa di Asia Tenggara.

IIBF 2017 secara resmi juga membuka kesempatan bagi para penulis untuk mengirimkan naskah secara langsung di Bursa Naskah IIBF 2017 pada Sabtu 9 September 2017 di Assembly Hall, JCC, Jakarta.

Sebagai salah satu penerbit besar di Indonesia, Penebar Swadaya Grup ikut berpartisipasi di perhelatan IIBF 2017. Penebar Swadaya juga mensponsori beberapa kegiatan menarik seperti Lomba Bercerita (Literasi) untuk SD Kelas 3—4 pada Kamis, 7 September 2017 dan Lomba Matematika & Sains untuk SMP Kelas 7—8 pada Jumat, 8 September 2017.

Penebar Swadaya Grup juga ambil bagian dalam bursa buku bergengsi kali ini dengan membuka sejumlah stan, baik stan penjualan dan bazaar buku murah maupun bursa naskah.

Yuk, ramai-ramai kunjungi stan Penebar Swadaya yang berada di stan 70 B, 77, dan stand bazaar buku murah buku laris yang berada di stan 118. Dapatkan juga hadiah menarik dari setiap pembelian buku Penebar Swadaya Grup.

loading...
loading...