Perhitungan Tepat Pemberian Pakan Ayam KUB Pedaging

Pertanianku — Kegiatan pemberian pakan dan minum rutin dilakukan dari saat DOC ayam KUB masuk ke kandang hingga nanti saat dipanen. Pakan dan minum wajib untuk selalu tersedia di dalam kandang tidak boleh kosong dan bersisa. Oleh karena itu, perhatikan ulasan pemberian pakan ayam KUB pedaging yang tepat di bawah ini.

pakan ayam KUB
foto: pertanianku

Pemberian pakan

Pada saat DOC masuk ke kandang, DOC harus diberikan pakan yang mengandung protein sebanyak 21 persen. Pakan diberikan sedikit demi sedikit sebanyak 4—5 kali sehari pada minggu awal pemeliharaan. Pakan yang berbentuk butiran kecil dapat dihaluskan terlebih dahulu untuk memudahkan DOC mengonsumsinya. Setelah seminggu, selanjutnya, pakan diberikan sebanyak 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.

Loading...

Kebutuhan pakan awal DOC ayam KUB adalah sebanyak 5 gram per ekor per hari. Selanjutnya, jumlah pakan yang diberikan akan bertambah 5 gram setiap minggunya hingga berumur 5 minggu. Setelah berumur 6 hingga 10 bulan, pakan ayam KUB pedaging diberi penambahan sekitar 10 gram setiap minggunya.

Pemberian pakan tersebut harus sesuai dengan tingkatan umur ayam hingga pada umur 10 bulan, ayam KUB akan diberi pakan sebanyak 75 gram per hari.

Pemberian minum

Pakan dan air merupakan komponen penting yang tidak boleh terlewat. Air berperan penting dalam proses metabolisme, melunakkan pakan saat proses pencernaan, serta berfungsi untuk mendinginkan tubuh. Kekurangan air pada ayam tidak bisa dianggap remeh karena akan menyebabkan pertumbuhan ayam tidak sempurna atau kerdil bahkan dapat menyebabkan kematian.

Air seharusnya selalu tersedia di dalam kandang dan cukup untuk seluruh ayam KUB yang berada di dalam kandang. Tempat minum juga harus dibersihkan secara berkala dari sisa pakan dan kotoran untuk menghindari pertumbuhan jamur.

Baca Juga:  5 Keunggulan Budidaya Belut

Air yang diberikan juga harus memiliki kualitas yang baik dengan syarat standar kualitas air sebagai berikut. Kandungan bakteri heterotropik 100 cfu/100 ml, bakteri coliform 50 cfu/100 ml, pH 6—8, kesadahan 110 ppm, kalsium 500 ppm, dan Cu 0,6 ppm.

 

 

 

Loading...
Loading...