Perilaku Itik yang akan Bertelur

Pertanianku Itik yang akan bertelur menunjukkan tingkah laku berbeda dari biasanya. Anda perlu mengetahui hal ini sebelum beternak agar bisa memberikan penanganan yang tepat apabila melihat perilaku itik yang tidak biasa. Setiap itik yang akan bertelur akan menunjukkan tanda-tanda tertentu yang sudah menjadi kebiasaannya. Berikut ini beberapa perilaku itik yang sering terlihat saat ingin bertelur.

itik yang akan bertelur
foto: Pertanianku

Mengorek tanah

Itik memiliki naluri alamiah untuk membuat “kandang” sebagai tempat bagi telur-telurnya. Sifat alamiah ini akan tetap muncul meski itik dipelihara di dalam kandang. Saat itik akan bertelur, biasanya itik akan mengorek tanah atau kandang untuk membuat cekungan. Walaupun usaha itik tersebut terkadang sia-sia, itik tetap akan berusaha mengorek tanah di beberapa sudut kandang.

Perkawinan semu

Perkawinan semu terjadi ketika Anda memelihara itik berjenis kelamin betina. Secara naluri itik membutuhkan proses perkawinan untuk memengaruhi alat reproduksinya. Namun karena tidak ada itik jantan, terjadilah perkawinan semu antaritik betina. Perilaku itik seperti ini bukanlah menyimpang. Itik-itik tersebut hanya membutuhkan perkawinan.

Menjadi gaduh

Itik betina yang sudah matang kelamin biasanya akan mulai bersuara sendiri tanpa sebab yang jelas, terutama saat malam hari. Penyebabnya sendiri bukan berasal dari gangguan hewan liar, lampu yang padam, angin ribut, atau faktor lainnya. Akan tetapi, karena sisi psikologis itik tersebut yang tidak stabil akibat peningkatan hormon estrogen dan progesteron tadi. Biasanya, jika sudah ada satu itik yang gaduh, itik-itik lain akan ikut gaduh juga.

Nafsu makan menurun

Itik yang akan bertelur mengalami penurunan nafsu makan. Penurunan tersebut bisa Anda lihat dari jumlah pakan yang dikonsumsi. Misalnya, itik tersebut mampu menghabiskan pakan sebanyak 150—180 gram di hari biasa, tetapi tiba-tiba itik hanya sanggup memakan 120 gram pakan.

Baca Juga:  Mengenali Tiga Proses Perkawinan Kelinci

Bulu rontok

Itik yang akan bertelur pasti merontokkan bulu kapas atau bulu halusnya. Selanjutnya, bulu di bagian sayapnya pun akan memecah yang menandakan masa bertelur akan terjadi tidak lama lagi. Bulu yang rontok akan digunakan itik sebagai alas untuk menjaga telurnya agar tetap hangat.