Periode Grower Ayam Petelur

0

Pertanianku – Pemeliharaan pada periode grower atau developer sebenarnya hampir tidak berbeda. Periode grower adalah pada saat anak ayam berumur 9—13 minggu sedangkan developer pada saat umur 14—20 minggu. Pemeliharaan keduafase ini dibedakan dari nutrisi pakan yang diberikan, yaitu protein fase developer lebih rendah 1%. Ak an tetapi, akhirakhir ini peternak cenderung tidak membedakan pakan kedua fase ini dan tetap meneruskan pemberian pakan grower ke periode developer.

Kebutuhan ruang untuk periode ini sekitar 7—8 ekor /m2. Kebutuhan tempat pakan (10 kg) adalah 4 buah/100 ekor. Untuk efisiensi pemberian pakan, pada piringan pakan dapat dipasang grill. Pengalihan pakan dari periode starter ke grower sebaiknya dilakukan bila berat badan ayam umur delapan minggu telah tercapai. Hal ini untuk mendapatkan kerangka badan yang baik. Untuk mengurangi stres pada anak ayam, pengalihan sebaiknya dilakukansecara berangsur-angsur. Caranya pakan grower dicampur sedikit demi sedikit pada  pakan starter. Sampai akhirnya diganti dengan pakan grower. Kemudian lakukan penimbangan ayam setiap minggu secara acak.

Seleksi ayam bertujuan untuk mengoreksi kesalahan seleksi yang dilakukan oleh pembibit. Untuk itu ayamayam yang diperkirakan sebagai ayam jantan harus dikeluarkan dan diletakkan pada kandang yang berbeda. Hal ini karena pemeliharaan ayam ras bibit padaayam ras petelur tidak diperlukan adanya ayam jantan. Ciri-ciri ayam jantan yaitubadannya lebih tinggi dan besar, jengger besar, bulu ekor lebih panjang, dan  warna bulu berbeda dari ayam betina. Di samping itu, seleksi untuk ayam betina juga perlu dilakukan terutama pada saat pindah dari kandang grower ke kandang produksi. Ciri-ciri ayam betina yang baik adalah sebagai berikut.

  1. Jarak antara tulang dada (sternum) dan tulang duduk (pubis) lebih dari tiga jarimanusia.
  2. Jarak antara kedua tulang pubis lebih atau sama dengan tiga jari.
  3. Perut ayam bila diraba, terasa lunak.
  4. Kloaka (lubang anus) bulat,lebar, basah, dan berwarna basah.
  5. Badan terlihat sehat dan segar dengan mata bersinar cerah dan jengger merah.

Selama periode grower, lampudimatikan pada malam hari; sedangkan pada siang hari cahaya yang masuk ke  kandang dikurangi dengan pemakaian paranet (terutama untuk bulan tertentu ketika panjang penyinaran lebih dari 12 jam dalam sehari dengan intensitas cahaya yang terlalu tinggi). Pengurangan cahaya akan melambatkan terjadinya masak kelamin pada ayam. Ayam yang terlalu cepat masak kelamin akan menghasilkan telur yang lebih kecil sehingga berat telur yang dihasilkan per ekor ayam lebih rendah. Berat telur ratarata akan meningkat 0,15 g untuk setiap hari keterlambatan umur awal bertelur.

Paranet dipasang di luar dinding kandang melebar keluar dan dipancang supaya tidak berkibar-kibar dan menakutkan ayam. Selain itu, pada fase grower kebersihan kandang juga harus dijaga terutama dari bulu-bulu ayam yang rontok. Bulu-bulu tersebut harus disapu  dan dibuang keluar kandang agar tidak dimakan oleh ayam.

 

Sumber: Buku Panduan Lengkap Ayam

loading...
loading...