Perjalanan Buah Mangga dari India hingga Populer di Indonesia

Pertanianku — Tahukah Anda bahwa buah mangga bukan buah asli Indonesia, walaupun buah tersebut sangat mudah dijumpai di Indonesia. Mangga berasal dari India, buah ini disebut sebagai jelmaan dari Dewa Prajapati. Alexander Agung pada 237 Sebelum Masehi menjadi orang pertama yang berhasil melihat perkebunan mangga yang indah di Lembah Indus.

buah mangga
foto: Pertanianku

Mangga merupakan istilah yang berasal dari bahasa Tamil di India, yaitu man-kay atau man-gas. Sementara itu, dalam bahasa botani, mangga disebut Mangifera indica L. yang berarti tanaman mangga berasal dari India, dan faktanya buah ini memang ada hampir di seluruh negara bagian India.

Dari India, buah mangga mulai menyebar ke Semenanjung Malaysia, Indonesia, dan sekitarnya. Penyebaran tersebut terjadi karena buah dibawa oleh pedagang India dan penyebar agama Hindu serta Buddha pada abad keempat atau kelima Sebelum Masehi.

Setelah sampai di Indonesia, pada 1665 mangga mulai ditanam di Kepulauan Maluku. Sementara itu, di Filipina, mangga sudah lebih dahulu ditanam sejak 1400 dan 1450 di Kepulauan Sulu dan Mindanao.

Penyebaran buah mangga di negara-negara Barat justru baru terjadi di pertengahan jaman, ketika para pedagang rempah-rempah dan buah-buahan tropis baru berdatangan ke wilayah Barat. Diperkirakan orang yang membawa mangga dari India ke Afrika adalah orang Portugis, kemudian buah mangga mulai menyebar ke Somali.

Mangga baru mulai ditanam di Inggris pada 1690. Di Italia bagian selatan, mangga baru ditanam pada 1905, sedangkan di Queensland kira-kira pada 1870.

Sementara itu, di Florida, Amerika Serikat, buah mangga baru ditanam pada 1833. Saat ini Florida menjadi salah satu negara penghasil buah mangga terkenal di dunia. Bibit yang dibawa pada saat itu berasal dari Meksiko.

Baca Juga:  Cara Membuat Pupuk Kalium dari Sabut Kelapa

Pada mulanya pohon mangga yang ditanam di daerah Florida tidak tumbuh dengan baik sehingga pohon mangga harus ditanam ulang di pantai timur Florida bagian selatan, tetapi usaha tersebut masih gagal. Selanjutnya, pada 1877, pohon mangga yang ditanam di pantai barat Florida mulai menunjukkan perkembangan yang cukup bagus. Bibit yang digunakan berasal dari Amerika Serikat dan merupakan bibit mangga sambung lengkung.

 

 


loading...