Perkandangan Ayam Ras Pedaging

Pertanianku – Perkandangan pada ayam ras pedaging final stock dikelompokkan dalam kandang starter dan kandang finisher. Sistem kandang yang digunakan untuk memelihara ayam ras pedaging adalah kandang sistem liter dan sistem sangkar. Kandang sistem liter lebih disukai dibandingkan kandang sangkar dengan alasan sebagai berikut.

Perkandangan Ayam Ras Pedaging

  • J Jangka waktu pemeliharaan ayam pedaging relatif pendek sehingga manure (kotoran) ayam yang tercampur dengan liter tidak menimbulkan masalah. Setelah ayam dipanen, manure dapat dibersihkan secara total.
  • Biaya pembuatan kandang sistem liter lebih murah daripada kandang sistem sangkar.

 

Loading...
  • Penanganan kandang sistem liter lebih mudah karena pemeliharaan secara kelompok dan pembersihan liter secara total dilakukan saat kandang kosong atau habis panen.

 

Kandang starter digunakan untuk anak ayam hingga umur 4 minggu. Hal-hal yang perlu disiapkan pada kandang starter dikelompokkan dalam 2 bagian, yaitu sebelum DOC (day old chick) datang dan setelah DOC datang.

Sebelum DOC datang, hal yang harus dilakukan sebagai berikut.

– Membersihkan kandang dan perlengkapan kandang.

– Membunuh dan memutuskan rantai hidup hama kandang (hapus hama kandang).

– Mengistirahatkan kandang.

– Menata kandang dan menyediakan seluruh perlengkapan kandang.

Menghapus hama kandang bertujuan untuk membunuh bibit-bibit penyakit yang ada di dalam kandang, dilakukan saat kandang dalam keadaan kosong. Cara hapus hama dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu fumigasi dan penyemprotan.

Fumigasi yaitu hapus hama kandang dengan cara pengasapan atau menggunakan uap/gas. Cara ini hanya bisa dilakukan pada kandang tertutup. Bahan yang digunakan umumnya adalah formalin dan KMnO4. Cara yang digunakan yaitu dengan meneteskan cairan formalin pada KMnO4 (palium permanganat). Pelaksaan fumigasi harus dilakukan dengan hati-hati dan petugas menggunakan masker karena uap atau gas dari formalin dan KMnO4 dapat membuat pedih di mata dan menimbulkan kepengapan.

Baca Juga:  Penyakit Ayam yang Disebabkan Oleh Kekurangan Nutrisi

Hapus hama juga bisa dilakukan dengan penyemprotan. Bahan yang digunakan berupa cairan desinfektan yang sudah diencerkan sesuai dengan petunjuk penggunaan ke dalam kandang. Dosis yang digunakan sesuai dengan petunjuk penggunaan pada masing-masing desinfektan yang digunakan. Tingkat fumigasi kandang disajikan pada Tabel 7. Contoh desinfektan yang dapat digunakan adalah Antisep, Lisol, dan Rodalon.

Istirahat kandang bertujuan untuk memutus siklus penyakit yang mungkin ada pada pemeliharaan ayam sebelumnya. Lama istirahat kandang sekitar 1—2 minggu. Penataan kandang dan perlengkapan dilakukan sebelum unggas datang. Tujuannya agar saat DOC datang bisa langsung dimasukkan ke dalam kandang sehingga dapat mengurangi tingkat stres pada DOC akibat pengangkutan.

Penataan kandang dan perlengkapannya meliputi penaburan liter, penataan chick guard, pemasangan canopy, pemasangan lampu pemanas, serta penataan wadah pakan dan wadah minum. Dengan demikian, saat DOC datang, kandang sudah siap untuk ditempati.

Kandang finisher digunakan untuk ayam umur 4 minggu sampai dipanen. Kandang finisher merupakan kelanjutan dari kandang starter karena kandang ayam pedaging antara periode starter dan finisher dipelihara dalam kandang yang sama. Tentunya, perlu adanya pelebaran kandang sesuai dengan ukruan dari ayam. Cara pelebaran dari luas kandang adalah dengan cara menggeser atau melebarkan sekat yang ada dalam kandang, disertai penambahan wadah pakan dan wadah minum.

 

Sumber: Buku Budidaya 22 ternak potensial

 

Loading...
Loading...