Perkandangan Ayam Ras Petelur


Pertanianku – Perkandangan merupakan kumpulan dari unit-unit kandang. Pada umumnya di suatu lokasi perkandangan juga dilengkapi dengan gudang pakan, gudang telur, dan bangunan penunjang lainnya yang berfungsi untuk mendukung kegiatan dalam peternakan unggas.

Perkandangan Ayam Ras Petelur

Kandang merupakan unit bangunan kandang sebagai tempat unggas akan tinggal. Pada ayam petelur, kandang dikelompokkan dalam tiga periode pemeliharaan, yaitu kandang starter, grower, dan layer. Periode starter atau periode awal yaitu ayam umur 1 hari—8 minggu. Periode grower atau periode masa pertumbuhan yaitu ayam umur 8—20 minggu. Sementara periode layer atau periode produksi yaitu ayam umur 20 minggu sampai apkir.

Kandang untuk starter pada umunya sering menggunakan sistem liter karena unggas masih sangat kecil. Hal-hal yang perlu disiapkan dalam kandang starter sama dengan ayam ras pedaging, yaitu persiapan sebelum dan sesudah ayam ras pedaging datang.

Kandang yang digunakan untuk grower yaitu sistem liter atau kandang sistem sangkar, tergantung selera peternak. Hal yang perlu diperhatikan apabila akan dilakukan pindah kandang yaitu waktu, sebaiknya pagi atau sore hari. Jika sistem kandang yang digunakan sebelumnya berbeda, perlu diberi waktu bagi ayam untuk beradaptasi. Pada prinsipnya, kandang periode grower merupakan kelanjutan dari kandang starter. Hal yang perlu diingat yaitu pemanas, canopy, dan chick guard sudah tidak diperlukan lagi. Wadah pakan dan minum perlu ditambah atau diganti dengan ukuran yang lebih besar.

Kandang yang digunakan untuk ayam petelur tipe layer pada umumnya berupa kandang baterai. Untuk periode layer, kandang baterai memiliki kelebihan, yaitu memiliki tempat telur sehingga telur mudah diambil dan bersih, dapat dipelihara dalam jumlah terbatas dalam satu baterai sehingga seleksi, dan culling mudah dilakukan. Untuk satu ekor ayam, kandang baterai bisa berukuran (40 x 40) cm dengan tinggi 25 cm.

Baca Juga:  5 Cara Ampuh agar Bebek Bertelur Setiap Hari

 

Sumber: Buku Budidaya 22 ternak potensial