Perkuat Sistem Imun Tubuh dengan Bawang Putih

Pertanianku — Ada banyak tanaman herbal yang bisa Anda gunakan untuk menguatkan sistem imun tubuh, mulai dari rempah-rempah hingga buah-buahan segar. Salah satu tanaman yang berkhasiat untuk memperkuat sistem imun tubuh dan sangat mudah didapatkan adalah bawang putih.

bawnag putih
foto: Pertanianku

Bawang putih berkhasiat meningkatkan sistem imun tubuh. Hal ini karena bawang putih memang sudah terkenal sebagai bumbu masakan yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh.

Selain meningkatkan imun, bumbu masakan ini juga digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit seperti kolesterol, menurunkan kadar lemak darah, mengurangi risiko kanker lambung dan kolon, mencegah penyakit jantung koroner dan stroke, serta menghambat pembentukan nitrosamine.

Bawang mengandung senyawa allyl sulfur yang berfungsi menghentikan kanker ganas dengan cara mencegah perubahan sel menjadi ganas serta menghentikan pertumbuhan dan mematikan sel ganas tersebut secara alami.

Selain itu, bumbu dapur ini  juga mengandung senyawa sulfur lainnya seperti allisatin, dan allinase. Kandungan lain yang dapat ditemukan ialah enzim, vitamin (A, B6, C, dan E), mineral (mangan, fosfor, kalsium, kalium, besi, dan tembaga), dan trace mineral.

Seluruh kandungan yang terdapat di dalam bawang putih bisa bekerja sebagai penguat sistem imun tubuh yang berguna untuk memerangi berbagai jenis penyakit, seperti flu. Oleh karena itu, konsumsi bawang putih ketika pandemi seperti ini sebenarnya sangat baik dilakukan.

Namun, konsumsi bawang putih juga harus dilakukan dengan bijak. Anda tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan meskipun sebenarnya bawang putih memang bagus untuk tubuh.

Terlalu banyak mengonsumsi bawang putih mentah bisa menyebabkan efek yang kurang bagus bagi mata, menimbulkan rasa panas di bagian rongga mulut, iritasi di saluran pencernaan sehingga timbul rasa nyeri dan begah, terlalu sering bersendawa karena banyak mengandung gas, timbul rasa mual dan muntah, panas di bagian dada, pusing, serta menurunkan nafsu makan.

Baca Juga:  Manfaat Bawang Lanang yang Lebih Mujarab dibanding Bawang Putih Biasa

Bawang yang masih mentah juga bisa membuat seseorang menjadi alergi terhadap serangan asma, dingin, pusing, demam, haus, dan hidung berlendir.

Konsumsi bawang putih tidak disarankan jika Anda sedang minum obat pengencer darah atau antikoagulan karena bisa menyebabkan pendarahan secara spontan. Hal ini karena bisa melarutkan darah dan berkhasiat sebagai antipenggumpalan.