Perlakuan Fisik yang Dapat Merangsang Tanaman Berbuah

Pertanianku Merangsang tanaman berbuah bisa dilakukan ketika tanaman sudah memasuki umur berbuah, tetapi tanaman tidak kunjung berbuah. Rangsangan ini bertujuan memacu pertumbuhan bunga yang akan berkembang menjadi buah.

merangsang tanaman berbuah
foto: Pertanianku

Tidak semua tanaman memerlukan rangsangan, seperti mangga, lengkeng, belimbing, dan kedondong bangkok. Jenis tanaman tersebut cenderung mudah berbuah sehingga tak memerlukan rangsangan, tetapi perlu dirawat dengan baik agar kebutuhan tanaman tercukupi, seperti pemberian pupuk kandang dan penyiraman secara rutin dengan interval yang tepat.

Ada beberapa cara untuk merangsang tanaman berbuah, yaitu melalui perlakuan fisik dan perlakuan nonfisik. Perlakuan fisik untuk meningkatkan produksi bisa dilakukan melalui pelengkungan dahan atau cabang, serta pelukaan. Simak ulasan di bawah ini untuk pembahasan lebih detail mengenai perlakuan fisik tersebut.

Pelengkungan dahan atau cabang

Dahan atau cabang yang tumbuh tegak lurus akan menyebabkan tanaman sulit berbunga dan berbuah. Oleh karena itu, pertumbuhan vegetatif dahan tersebut harus dihambat dengan melengkungkannya sehingga posisinya mendatar. Pelengkungan dilakukan dengan cara menarik dahan atau cabang ke bawah dengan tali yang diikatkan pada pasak.

Pelengkungan tersebut bisa merangsang pertumbuhan generatif. Hal ini terjadi karena penyaluran karbohidrat dari daun ke seluruh jaringan tanaman terhambat. Karbohidrat tersebut hanya berkumpul di bagian cabang atau dahan. Kondisi tersebut dapat merangsang terbentuknya bunga. Teknik ini bisa Anda terapkan pada tanaman jambu biji.

Pelukaan

Pelukaan merupakan teknik merangsang tanaman berbuah yang sudah cukup lama. Teknik pelukaan ini bisa dilakukan dengan cara mencacah batang, membuat cincin keratan, pengerokan, dan pencekikan. Teknik ini bisa dilakukan ketika tanaman sudah dewasa. Apabila dilakukan pada tanaman yang masih muda, teknik ini malah akan menyebabkan gangguan pertumbuhan vegetatif tanaman.

Baca Juga:  Penggunaan Pestisida Tidak Boleh Sembarangan

Pelukaan batang bertujuan menghambat arus karbohidrat dari daun sehingga kandungan tersebut terkumpul di area pembungaan. Namun, sayangnya, pelukaan dapat menyebabkan penampilan tanaman kurang baik sehingga teknik ini jarang digunakan pada tabulampot. Selain itu, pelukaan harus dilakukan secara hati-hati agar tidak menyebabkan dampak buruk bagi tanaman.