Perlakuan Fisik yang Merangsang Pertumbuhan Tanaman

Perlakuan fisik untuk merangsang pembuahan meliputi hal-hal sebagai berikut.

a. Pelengkungan dahan atau cabang

Dahan atau cabang yang tumbuh tegak lurus akan menyebabkan tanaman sulit berbunga dan berbuah. Oleh karena itu, dahan ini harus dihambat pertumbuhan vegetatifnya dengan melengkungkannya sehingga posisinya mendatar. Caranya, dahan atau cabang ditarik ke bawah menggunakan tali yang diikatkan pada pasak.

Perlakuan Fisik yang Merangsang Pertumbuhan Tanaman

Dengan pelengkungan dahan atau cabang tersebut dapat menghambat pertumbuhan vegetatif dan sekaligus merangsang pertumbuhan generatifnya, misalnya pada jambu biji. Hal ini dapat terjadi karena penyaluran karbohidrat dari daun ke seluruh jaringan tanaman terhambat dan mengumpul di bagian cabang atau dahan. Dengan terkumpulnya makanan pada bagian cabang maka dapat merangsang terbentuknya bunga.

b. Pelukaan

Pelukaan merupakan salah satu teknik lama yang sering diterapkan untuk merangsang pembuahan. Ada berbagai teknik yang bisa dipilih yaitu mencacah batang, membuat cincin keratan, pengerokan, dan pencekikan.

Teknik tersebut dilakukan pada saat tanaman dewasa. Jika dilakukan pada tanaman yang masih muda, akan mengganggu pertumbuhan vegetatif. Pelukaan batang bertujuan untuk menghambat arus karbohidrat dari daun sehingga hanya terkumpul di area pembungaan. Akan tetapi, pelukaan sebaiknya dihindari karena akan mengurangi keindahan Tabulampot.

 

Sumber: Buku Tips Membuahkan Tanaman dalam Pot

 

Baca Juga:  Alasan Pemangkasan Pohon Buah Harus Dilakukan

loading...