Perlakuan Pascapanen Ayam Kampung Joper yang Tepat

Pertanianku — Kegiatan pascapanen ayam kampung joper dilakukan setelah kegiatan panen sudah dilakukan secara total. Kegiatan ini sangat penting untuk menjaga kualitas ayam yang sudah dihasilkan serta menjaga kontinuitas usaha budidaya. Namun, sebagian besar kegiatan pascapanen dalam usaha ayam kampung joper dilakukan untuk membersihkan dan mencuci kandang untuk mempersiapkan usaha periode selanjutnya.

ayam kampung joper
foto: pertanianku

Kegiatan membersihkan kandang harus dilakukan dengan cepat dan tepat untuk menghindari penyakit pada ayam joper yang akan dipelihara pada periode selanjutnya. Berikut ini tahapan pencucian kandang yang tepat dan mudah untuk diikuti.

  1. Keluarkan berbagai peralatan kandang yang masih berada di dalam kandang.
  2. Keluarkan sekam dari dalam kandang dengan cara mengumpulkan semuanya, lalu dimasukkan ke karung. Pastikan lantai kandang sudah bersih dari sekam bekas. Sekam tersebut bisa diolah kembali menjadi pupuk kandang atau Anda jual kepada produsen pupuk kandang.
  3. Pada kandang panggung, bersihkan kotoran dari kolong kandang hingga benar-benar bersih dan masukkan kotoran tersebut ke karung. Kotoran tersebut juga bisa diolah menjadi pupuk kandang atau Anda jual kepada produsen pupuk kandang.
  4. Semprot seluruh bagian kandang seperti lantai, dinding kandang, dan tiang kandang menggunakan air bersih dengan mesin steam atau selang air yang sudah dilengkapi dengan alat penyemprot. Diamkan beberapa saat agar kotoran yang menempel di dalam kandang mengembang dan mudah dibersihkan.
  5. Siram dan semprot kembali kandang dengan air sabun atau deterjen. Tujuannya, membasmi bakteri dan virus yang ada.
  6. Sikat seluruh bagian kandang hingga kotoran yang menempel bisa terlepas.
  7. Bilas kandang dengan air bersih hingga benar-benar bersih, jangan sisakan sedikit pun kotoran di dalam kandang karena bisa menjadi sumber penyakit untuk ayam.
  8. Setelah kandang kering, semprot kembali seluruh bagian kandang dengan disinfektan. Pada kandang panggung, semprot disinfektan pada bagian kolong kandang, tiang bawah kandang, dan kolong kandang. Gunakan disinfektan yang berbeda-beda setiap kali mencuci kandang untuk menghindari bakteri dan virus kebal terhadap disinfektan.
  9. Lakukan pengapuran kandang. Pada kandang panggung, pengapuran juga dilakukan pada bagian kolong kandang.
  10. Istirahatkan kandang selama 1—2 minggu.
  11. Menjelang kedatangan DOC, kandang disemprot kembali dengan disinfektan.
  12. Proses pencucian kandang juga dibarengi dengan pencucian peralatan yang akan digunakan dalam proses pembesaran seperti tempat pakan dan minum.
Baca Juga:  Memelihara Kambing yang Sedang Bunting

 

Loading...
Loading...
Loading...