Perlengkapan Budidaya Ikan Lele yang Dapat Menunjang Keberhasilan

Pertanianku — Perlengkapan budidaya ikan lele sebenarnya memiliki fungsi yang cukup penting, yaitu memperlancar usaha budidaya Anda. Namun, sayangnya, perlengkapan ini terkadang tidak dianggap begitu penting sehingga penyediaannya masih sering ditunda-tunda. Padahal, perlengkapan yang kurang memadai dapat menyebabkan usaha yang Anda jalankan menjadi terhambat.

budidaya ikan lele
foto: Pertanianku

Perlengkapan yang perlu dimiliki untuk memperlancar usaha budidaya ikan lele antara lain pompa air, selang, serokan/seser, baskom/bak penampungan, baskom sortasi, tabung oksigen, plastik/jerigen, dan senter.

Pompa air

Pompa air sangat berguna untuk membantu proses pengeringan kolam yang terjadi setelah proses budidaya. Selain itu, pompa juga bisa digunakan untuk resirkulasi air.

Selang

Fungsi selang ada banyak sehingga selang menjadi salah satu perlengkapan yang perlu disediakan. Umumnya, fungsi selang ialah untuk memindahkan air secara manual atau ditempelkan ke pompa.

Serokan/seser

Serokan sudah jelas berfungsi untuk menangkap ikan dan memindahkan ikan ke kolam lain atau wadah penampungan. Serokan juga berfungsi mengangkat benda asing yang mengapung di permukaan air seperti sampah daun.

Baskom/bak penampungan

Baskom atau bak penampungan sangat berguna untuk memudahkan proses pemindahan ikan dari satu kolam ke kolam lainnya. Bak ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara.

Baskom sortasi

Berbeda dengan baskom biasa, baskom sortasi digunakan untuk menyeleksi benih agar ukurannya seragam. Baskom ini memiliki lubang yang seragam.

Tabung oksigen

Tabung oksigen dibutuhkan ketika ikan akan melakukan pengiriman jarak jauh seperti antarpulau. Untuk pengiriman jarak dekat di bawah tiga jam, tidak memerlukan tabung oksigen, cukup gunakan jerigen atau drum. Peternak lele skala besar atau profesional pasti menyediakan oksigen karena permintaannya sudah berasal dari berbagai daerah.

Plastik/jerigen

Plastik atau jerigen berfungsi sebagai wadah untuk pengiriman benih dan lele ukuran konsumsi. Penyediaan ini bersifat mutlak disediakan sejak awal agar Anda tidak kebingungan saat mengirim ikan.

Baca Juga:  Tips Membuat Kolam Ikan Lele yang Mudah dan Cocok untuk Bisnis

Senter

Senter berguna untuk memberikan pencahayaan ketika melakukan kontrol kolam di malam hari atau saat mati listrik.