Perlukah Memelihara Anjing Kedua?


Pertanianku – Mungkin Anda termasuk orang yang ingin memiliki anjing lagi. Anjing baru itu untuk menemani anjing di rumah saat Anda sedang pergi ke kantor. Hal ini merupakan ide bagus. Namun, apakah kenyataannya sesuai dengan keinginan Anda? Sebelum Anda pergi mencari anjing baru, jawablah dulu pertanyaan berikut ini.

Perlukah Memelihara Anjing Kedua

– Apakah anjing Anda akan senang menerima pendatang baru?

– Apakah Anda mempunyai waktu untuk menyosialisasikan anjing dengan anjing yang baru?

– Dapatkah Anda mengatasi kehebohankehebohan saat awal anjing Anda berkenalan?

– Apakah Anda mempunyai ruang dan fasilitas untuk memiliki dua anjing sekaligus?

  • Kecocokan

Walaupun kebanyakan anjing adalah seekor makhluk yang sangat sosial, memperkenalkan anjing baru Anda di rumah tidaklah semudah yang dibayangkan. Jadi, cobalah untuk mempertimbangkan  dan mengingat temperamen anjing Anda di rumah dulu sebelum memiliki anjing baru. Ingat untuk memberikan perhatian yang sama pada kedua anjing Anda, agar kompetisi tidak terjadi di antara keduanya. Jika anjing Anda berhasil berteman baik dengan teman barunya, Anda pun akan mendapat kesenangan ganda!

  • Memperkenalkan Anjing Baru

Anjing tidak hidup dengan cara-cara atau perilaku manusia pada umumnya. Jadi, daripada bersalaman dan tersenyum saat pertama kali berkenalan, anjing lebih suka untuk saling memaki sesamanya dan saling mendorong. Agar hal ini tidak merusak pertemanan antaranjing, lakukanlah perkenalan dengan perlahan. Biasanya perkenalan antara anjing baru dengan yang lama dapat berlangsung lancar, jika anjing baru dibuat seakan-akan hanyalah Anjing baru perlu mendapat perhatian khusus. tamu yang sedang berkunjung. Hirarki antara anjing baru dan lama ini biasanya akan berlangsung dalam seminggu dan pertemanan keduanya pun dimulai.

  • Ikatan

Terkadang anjing dapat terikat dekatsekali dengan temannya dan terlihat seperti saling tergantungan sampai tidak memerdulikan kehadiran Anda. Untuk menghindarinya, cobalah memisahkan anjing saat Anda sedang tidak ada di rumah. Misalnya dengan menggunakan partisi atau pagar pemisah yang bercelah agar keduanya masih bisa berdekatan dan merasa ditemani. Namun, kedua anjing itu tidak bisa bermain bersama kecuali saat Anda sedang di rumah. Agar kedua anjing tidak merasa kurang perhatian berikanlah mainan yang bisa mendorong aktivitasnya. Cara lain Anda dapat meminta orang lain untuk menghampiri dan mengajaknya bermain,berjalan-jalan di sekeliling rumah, atau hanya mengeluarkannya di halaman untuk membuatnya  lega.

Merupakan ide yang bagus jika Anda dapat mengajak anjing Anda berjalan di luar rumah terpisah dengan anjing yang lainnya. Anjing pun bisa merasakan perhatian Anda lebih khusus. Anjing baru juga akan belajar untuk lebih percaya diri saat keluar sendiri tanpa temannya.

 

Sumber: Buku Cara Merawat Anjing

 

loading...
loading...