Perlukah Vaksinasi Ternak Dilakukan?

PertaniankuPerlukah vaksinasi pada ternak? Sama halnya seperti manusia, ada kemungkinan ternak juga terserang berbagai jenis penyakit, baik yang menular maupun yang tidak menular. Oleh karena itu, vaksinasi ternak menjadi salah satu cara yang seringkali dilakukan para peternak untuk mencegah hal itu terjadi.

Perlukah vaksinasi pada ternak
Foto: Google Image

Tujuan dari vaksinasi intinya untuk memberikan kekebalan (antibodi) pada ternak sehingga dapat melawan antigen atau mikro-organisme penyebab penyakit. Vaksinasi adalah pemberian antigen untuk merangsang sistem kebal menghasilkan antibodi khusus terhadap penyakit-penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri, dan protozoa. Seperti diketahui, penyakit pada ternak itu terbagi atas penyakit infeksi dan penyakit non-infeksi.

Penyakit infeksi bisa disebabkan oleh paparan bakteri (penyakit bakterial), virus (penyakit viral), parasit (penyakit parasiter), atau cendawan (penyakit mikal). Penyakit bakterial seperti Anthraks dan ngorok (SE) serta penyakit viral seperti penyakit mulut kuku (PMK) dapat dicegah dengan cara vaksinasi.

Adapun penyakit non-infeksi, terjadi karena ternak kekurangan satu atau beberapa jenis zat makanan. Penanggulangan atau pencegahan penyakit ini tidak dengan vaksinasi, tapi dengan cara penambahan pakan bernutrisi atau pemberian suplemen.

Sebagai peternak, upaya terbaik adalah dengan melakukan pencegahan supaya ternak tidak terjangkit penyakit. Di samping vaksinasi, banyak cara yang bisa dilakukan untuk melaksanakan pencegahan penyakit seperti memberikan pakan yang bergizi, menjaga sanitasi kandang dan lingkungan peternakan, serta konsisten dalam menerapkan kegiatan biosekuriti.

Kesehatan ternak dapat terganggu apabila melakukan kesalahan dalam manajemen pemeliharaan ternak seperti kepadatan kandang yang tinggi. Artinya, jumlah ternak yang ditampung dalam kandang tidak sesuai dengan ukuran kandang. Kemudian sistem ventilasi yang buruk, intensitas cahaya yang terlalu tinggi serta tingginya tingkat populasi di lingkungan kandang. Suara gaduh juga bisa membuat ternak menjadi stres sehingga memicu penurunan kondisi kesehatan ternak.

Baca Juga:  Dampak Negatif Pakan Fermentasi pada Ternak Kambing

Ternak yang sehat bisa dilihat dari tampilan fisiknya seperti ternak kelihatan aktif dan tanggap terhadap perubahan situasi di sekitarnya. Kondisi tubuh seimbang tidak sempoyongan atau pincang, mata bersinar dan sudut mata terlihat bersih, kulit tidak kusam, serta frekuensi napas dan denyut nadi teratur. Bila ternak yang dijumpai dalam kondisi sebaliknya, patut dicurigai ternak tersebut terjangkit suatu penyakit.

Loading...