Permasalahan yang Kerap Muncul dari Usaha Ternak Kambing

Pertanianku— Usaha tidak ada yang berjalan dengan mulus, pasti ada saja rintangan yang dihadapi. Pada dasarnya kambing memiliki daya adaptasi yang cukup baik sehingga usaha ternak kambing kemungkinan besar bisa berkembang dengan baik. Namun, tetap saja usaha ini memiliki beberapa permasalahan yang kerap membuat peternak pusing. Berikut ini beberapa permasalahan yang kerap muncul dari usaha ternak kambing.

ternak kambing
foto: Pertanianku

Stigma kambing

Hingga saat ini tak jarang masih ditemui beberapa orang yang memandang kambing ke arah negatif. Sebagian masyarakat Indonesia masih berpandangan bahwa kambing merupakan perusak lingkungan dan menganggap daging dan susu kambing mendatangkan efek negatif pada kesehatan. Misalnya, daging kambing membuat seseorang bisa mengalami darah tinggi.

Stigma yang bertebaran di tengah masyarakat dapat memengaruhi permintaan terhadap daging kambing. Padahal, daging dan susu kambing sangat bermanfaat bagi kesehatan. Susu kambing bisa menjadi alternatif bagi seseorang yang tidak bisa mengonsumsi susu sapi.

Permasalahan ini perlu diupayakan bersama agar masyarakat bisa mengenal produk kambing lebih jelas. Upaya tersebut bisa dilakukan melalui penyuluhan dan pendidikan mengenai manfaat daging dan susu kambing secara dini kepada masyarakat, khususnya kepada anak-anak agar mau mengonsumsinya.

Bibit yang terbatas

Ternak kambing skala kecil mungkin tidak akan mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan bibitnya. Namun, usaha ternak dengan skala besar membutuhkan bibit dalam jumlah besar sering mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan bibitnya. Permasalahan ini perlu dipecahkan bersama-sama antara pemerintah dan pelaku usaha ternak kambing.

Keterbatasan bibit dapat membuat usaha peternak menjadi terhambat sehingga usaha lebih susah berkembang.

Penyebaran bibit berkualitas belum merata

Selain jumlahnya yang terbatas, penyebaran bibit berkualitas masih belum tersebar dengan baik. Kondisi ini dapat terlihat dari beberapa peternak kecil yang masih belum memiliki induk dan pejantan kambing yang unggul.

Baca Juga:  Green Concentrate Pellet, Pakan Kambing Berkualitas Tinggi

Permasalahan ini perlu mendapatkan perhatian dari pemerintah untuk membantu dan memantau penyediaan bibit-bibit kambing unggul agar usaha peternakan kambing di Indonesia bisa lebih baik.