Permintaan Nanas Banasari Asal Lereng Gunung Kelud Melonjak

Pertanianku — Dampak dari Covid-19 sudah dirasakan di seluruh sektor kehidupan. Sebagian besar dampak yang dirasakan adalah dampak negatif. Namun, berbeda dengan para petani nanas di lereng Gunung Kelud, Blitar, Jawa Timur. Permintaan nanas banasari asal lereng Gunung Kelud tersebut mengalami kenaikan yang menggembirakan.

nanas bbanasri
foto: pixabay

Hingga kini permintaan nanas banasari dari daerah tersebut tidak pernah sepi, apalagi di tengah kondisi pandemi Covid-19. Harga jualnya pun terbilang bagus sehingga petani bisa merasakan keuntungan dari penjualan tersebut. Menurut penuturan Andrias—Ketua Kelompok Tani Mulyo, Dusun Tegalrejo, Desa Semen, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar—nanas yang habis dipanen sudah langsung terjual.

“Setiap kali panen, nanas banasari langsung ludes diserap pasar,” kata Andrias seperti dikutip dari laman pertanian.go.id.

Loading...

Andrias mengatakan permintaan nanas di tengah pandemi Covid-19 mengalami kenaikan yang sangat signifikan. Banasari merupakan varietas nanas yang dirilis oleh Kementerian Pertanian sejak 2015 lalu. Banasari merupakan kependekan dari Blitar-Nenas-Semen-Gandusari. Nanas banasari merupakan varietas unggulan spesifik lokasi setempat.

Keunggulan yang dimiliki oleh nanas banasari adalah dapat dipanen hingga 8 kali dalam kurun waktu 4 tahun. Ukuran buah yang dihasilkan pun terbilang cukup besar serta rasa buahnya manis asam segar dengan kadar brix 14—15.

Saat ini harga nanas tersebut di tingkat petani sudah sangat bagus. Untuk nanas grade A dihargai Rp10.000/buah, grade B Rp 8.500/buah, grade C Rp 7.000/buah, grade D dan E dihargai Rp2.000—Rp 3.000/buah.

Harga tersebut sudah terbilang bagus dan penjualannya pun terbilang sangat mudah. Para petani sudah memiliki mitra dagang yang langsung menyerap buah yang baru saja dipanen.

Andrias mengatakan hampir setiap hari ada saja pohon yang menghasilkan buah di daerah tersebut. Jika musim panen tiba, biasanya petani bisa menjual nanas sebanyak 1 pick up dalam sehari. Sementara, jika masuk musim panen raya, buah nanas yang dihasilkan bisa mencapai 1 truk.

Baca Juga:  Jurus Jitu Mengantisipasi Badai La Nina ala Kementan

Para petani pun menerapkan pola tanam atau sistem siklus agar tidak mengalami kelebihan stok persediaan sehingga membuat harga jual menjadi jatuh.

Loading...
Loading...