Pernah Pakai Minyak Lavender? Ternyata Ini Manfaatnya


Pertanianku Minyak lavender termasuk ke dalam golongan minyak esensial yang berguna untuk perawatan bahkan pengobatan. Minyak ini berasal dari tanaman lavender yang dapat meringankan migrain atau menyegarkan udara, minyak lavender juga dikenal dalam perawatan rambut.

Minyak lavender
Foto: Pixabay

Bila Anda memiliki kondisi rambut yang buruk, ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Untuk mengatasi hal itu, Anda bisa menggunakan minyak lavender pada rambut sebagai bentuk perawatan. Berikut ini manfaat minyak lavender untuk rambut.

  1. Mendukung pertumbuhan rambut

Dilansir dari Healthline, sebuah studi pada 2006, menemukan bahwa minyak lavender yang dioleskan pada seekor tikus dapat merangsang jumlah folikel rambut pada tikus tersebut dan menjadikan rambutnya lebih lebat dengan waktu yang lebih cepat.

Penelitian kemudian dilanjutkan oleh beberapa dokter kulit di Skotlandia pada pasien alopecia (kebotakan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 44 persen pasien alopecia yang menggunakan minyak lavender sebagai perawatan mengalami pertumbuhan rambut baru. Mereka melakukan perawatan dengan memijat kulit kepala dengan minyak tersebut setiap hari selama tujuh bulan.

  1. Mencegah rambut rontok

Rambut rontok sering menjadi keluhan banyak orang. Bila tidak diatasi, kemungkinan rambut Anda akan semakin tipis. Selain membantu pertumbuhan rambut, minyak lavender juga bisa menghentikan kerontokan rambut.

Aroma manis dan lembut yang dihasilkan minyak tersebut bisa menenangkan pikiran sekaligus mengendalikan ketegangan pada otot. Karenanya, stres ataupun rasa gelisah yang menjadi salah satu penyebab rambut rontok pun berkurang.

  1. Mengurangi peradangan kulit, bau apek, dan ketombe

Lavender memiliki khasiat antimikroba yang membantu mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur. Khasiat tersebut dapat mengatasi ketombe pada kulit kepala. Ketombe yang dihasilkan sebum (minyak) berlebih ini membuat keadaan kulit kepala dan rambut juga berminyak.

Baca Juga:  Menakjubkan! Ini Dia Manfaat Sehat Minyak Moringa

Dengan menggunakan minyak lavender, maka akan membantu menyeimbangkan produksi sebum pada kulit kepala sehingga ketombe lebih mudah diatasi. Selain itu, aroma yang dihasilkan oleh bunga lavender dapat membuat rambut menjadi lebih harum dan menghindarkan dari bau apek akibat jamur atau bakteri pada rambut.

  1. Membasmi kutu rambut

Sebuah penelitian pada 2011 menemukan bahwa minyak lavender dapat membantu mencegah perkembangan kutu rambut sekaligus membunuh kutu tersebut. Hasilnya akan lebih maksimal bila minyak lavender dicampurkan dengan tea tree oil (minyak pohon teh).

loading...
loading...