Perpaduan Buah Ciplukan dan Seledri untuk Menumpas Asam Urat

Pertanianku Asam urat adalah hasil akhir dari metabolisme purin yang menumpuk di jaringan lunak pada tubuh dan bisa menyebabkan radang sendi. Saat fungsi ginjal kurang baik, purin tersebut bisa mengendap di ginjal sehingga menyebabkan gagal ginjal karena menghambat sekresi urine.

asam urat
Foto: Dok. Pertanianku

Rata-rata asam urat dialami oleh kaum laki-laki, bukan perempuan. Hal ini karena perempuan memiliki hormon estrogen yang dapat membantu pembuangan asam urat lewat urine. Penyebab penyakit ini cukup beragam, mulai dari konsumsi makanan yang tinggi purin, seperti melinjo, jeroan, dan kacang-kacangan secara berlebihan. Selain itu, penyakit juga disebabkan oleh faktor keturunan, gangguan ginjal, dan kelebihan bobot badan.

Salah satu pengobatan yang dapat diandalkan untuk mengatasi asam urat adalah obat herbal. Anda dapat meracik obat herbal yang terdiri atas ciplukan, jahe, daun dewa, daun sambung nyawa, seledri, dan serai.

Herbal sambung nyawa yang digunakan pada resep herbal ini berkhasiat mengatasi kolesterol tinggi. Seledri berperan mengatasi masalah hipertensi. Daun dewa untuk membersihkan asam lemak jahat yang menumpuk di dinding pembuluh darah. Serai berfungsi mencegah penumpukan asam urat di persendian. Ciplukan dan jahe bermanfaat mengatasi sinusitis.

Pengobatan akan berjalan maksimal bila Anda iringi dengan menjaga pola makan. Hindari makanan yang mengandung purin tinggi, seperti emping, nanas, dan bayam. Selain itu, hindari juga daging merah dan jeroan.

Agar proses meracik berlangsung lebih mudah, sebaiknya herba diolah terlebih dahulu menjadi serbuk sehingga Anda hanya tinggal merebusnya.

Namun, alangkah lebih baik Anda mengonsumsinya di bawah pengawasan dokter atau herbalis. Resep ramuan herbal asam urat ini diulas lengkap dalam buku Herbal Ahli Atasi Penyakit yang diterbitkan oleh Penebar Swadaya. Anda bisa mendapatkannya dengan menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya atau berkunjung ke Shopee Mall Penebar Swadaya.

Baca Juga:  Khasiat Madu Itama