Persiapan Kucing Sebelum Kontes


Pertanianku – Berbagai persiapan perlu dilakukan sebelum kucing mengikuti kontes, mulai dari perawatan maupun peralatan yang dibutuhkan kucing sebelum dan saat mengikuti kontes. Jelang mengikuti kontes biasanya persiapannya sedini mungkin. Bahkan, persiapan lebih intensif dan sangat detail karena kucing perlu perhatian lebih dan pengamatan yang jeli terhadap badan, kesehatan, dan penampilan si kucing. Dua hal yang perlu dipersiapkan, baik dari sisi penampilan kucing maupun peralatan, adalah sebagai berikut.

Tips Memilih Kucing

A. Penampilan Kucing

Persiapan untuk kucing yang akan mengikuti kontes sifatnya menyeluruh sehingga harus benar-benar dilakukan dengan baik dan teliti. Pertama, periksa dahulu kesehatan si kucing. Jika kucing dalam keadaan sehat, lakukanlah beberapa hal berikut.

  • Memandikan

Semua kucing ras apapun sebaiknya dimandikan sebelum kontes seminggu sekali, beberapa bulan sebelumnya. Jika 1—2 minggu sebelum hari H, pemandian bisa ditambah dua kali seminggu. Tujuannya untuk menjamin kondisi bulu dalam kondisi yang baik. Kucing dapat dimandikan dengan sampo khusus kucing. Bahkan, saat ini sudah tersedia sampo khusus untuk beberapa warna yang dapat diperoleh di pet shop. Jika tidak ada, gunakan sampo bayi manusia. Adapun proses memandikannya seperti biasanya.

  • Membersihkan telinga

Persiapan selanjutnya adalah memeriksa telinga dan membersihkannya. Sebelum dibawa ke

kontes, kucing sudah bersih dari kotoran dan lapisan lilin. Cara membersihkannya seperti yang telah dijelaskan pada bab sebelumnya. Telinga harus dibersihkan dari bulu-bulu panjang yang mengganggu. Jika perlu, bulu panjang tersebut dicabut saja. Jika dibiarkan, hal tersebut akan mengurangi nilai saat kontes.

  • Membersihkan mata

Mata harus dibersihkan dengan cara seperti yang telah dijelaskan pada bab sebelumnya. Area sekitar mata dibersihkan. Mata dipastikan tidak terlalu basah dan tidak ada kotoran yang menempel di sudutnya. Untuk kucing berwarna cerah atau putih, ada pula produk yang lebih khusus menghilangkan noda dan memutihkan.

  • Memotong kuku

Kuku yang rapi, tidak runcing ujungnya, adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi sebelum ke kontes. Kuku biasanya dipotong sebelum dimandikan dengan cara yang tertera pada bab merawat.

  • Menyisir bulu

Keindahan bulu kucing akan terlihat jika bulunya terlihat rapi, tidak kusut, danmengembang. Oleh karena itu, sebaiknya sisir bulu dengan sisir yang tidak kasar dan sisirlah dengan lembut bulubulu pendek di sekitar wajah dengan menggunakan sikat gigi berukuran kecil. Selain itu, periksalah bulu dari kutu, luka, dan jamur yang menempel. Jika ditemui ada kutu, jamur, atau yang berpotensi menularkan pada kucing lain, kucing otomatis ditolak untuk masuk dalam area kontes. Bulu juga diperiksa dari kotoran yang mungkin menempel. Untuk kucing ras berbulu hitam, misalnya, perhatikan warna bulu, jangan sampai ada yang berwarna selain hitam atau uban. Jika ada, uban harus dicabut juga. Untuk kucing ras berbulu putih, jangan ada noda yang membuat warna putihnya tidak jelas. Harus benar-benar putih bersih.

B. Peralatan

Peralatan yang perlu dipersiapkan adalah sebagai berikut.

  • Sisir, bedak, sikat, serta alat pembersih mata dan telinga.
  • Sekop, mainan kucing, dan wadah tempat kotoran.
  • Peralatan P3K untuk hewan.
  • Tas plastik tempat kotoran dan sampah.
  • Buku vaksinasi terakhir serta suratsurat yang dibutuhkan sebagai syarat kelengkapan kontes.
  • Desinfektan untuk menjaga kandang terbebas dari penyakit saat kucing dimasukkan, mulai dari  menunggu hingga kontes dimulai

 

Sumber: Panduan Lengkap Kucing

loading...
loading...