Persiapan Lahan dan Lubang Tanam Gaharu


Pertanianku – Persiapan lahan yang baik berpengaruh pada pertumbuhan tanaman. Berikut langkah persiapan lahan yang harus dilakukan.

gaharu

  • Pembuatan lubang tanam dan pengajiran

Pengajiran dilakukan dengan cara membuat titik letak tanam yang sudah disesuaikan dengan kondisi lingkungan lahan. Sementara itu, pola tanamnya dibuat berdasarkan tujuan dan kapasitas produksi. Pembuatan lubang tanam sebaiknya dilakukan sebulan sebelum penanaman dilakukan.

  • Pemupukan

Pada awal penanaman, pemberian pupuk dasar penting dilakukan untuk memacu pertumbuhan bibit. Pupuk dasar yang digunakan berupa pupuk kompos organik matang sebanyak 3—5 kg/lubang tanam. Sebagai pupuk tambahan, berikan NPK sebanyak 20—30 g dan TSP 20 g. Jika perlu, berikan dolomit sebanyak 100 g/lubang untuk tanah dengan pH kurang dari 5 agar akar lebih mudah menyerap unsur hara.

  • Proteksi tanaman dari penyakit

Kemungkinan adanya penyakit yang terbawa pada media Jika diperlukan, berikan pestisida untuk melindungi akar dari penyakit. Untuk pencegahan, perhatikan drainase agar tidak ada air yang tergenang. Genangan air akan mempermudah masuknya bibit penyakit ke lahan penanaman. Di samping itu, lakukan seleksi terhadap bibit yang akan ditanam.

 

Sumber: Buku 10 Tanaman Investasi Pendulang Rupiah

Baca Juga:  Benarkah Akibat Perubahan Iklim Rasa Biji Kakao Jadi Lebih Enak?
loading...
loading...