Persiapan Lahan Lada Perdu


Pertanianku – Vegetasi yang terdapat pada lahan untuk pengembangan lada perdu bisa berupa lahan hutan sekunder, bekas tanaman pohon lain, atau semak belukar. Lahan dengan berbagai jenis vegetasi tersebut perlu dipersiapkan dengan tahapan sebagai berikut.

Persiapan Lahan Lada Perdu

  • Pembersihan lahan

Lahan dibersihkan dengan menebang dan membongkar tunggul pohon atau membabad serta membersihkan akar-akar semak belukar. Serasah hasil pembersihan ditumpuk di antara calon antarbarisan tanaman atau antartiap 2 atau 3 barisan tanaman tergantung jumlah serasah yang dihasilkan. Usahakan serasah tidak dibakar karena pelapukan serasah akan menjadi bahan organik yang sangat diperlukan untuk perbaikan fisik dan kesuburan lahan. Jarak antartumpukan serasah sesuai dengan calon jarak antarbarisan tanaman lada perdu yaitu 1,5 m.

  • Pembuatan saluran drainase

Untuk lahan-lahan bermuka air tanah dangkal (< 60 cm dari permukaan tanah) perlu dibuat saluran drainase. Saluran drainase dapat dibuat satu saluran untuk tiap empat atau enam baris tergantung kondisi.

  • Pemancangan/pengajiran

Pancang/ajir ditempatkan pada tempat yang akan ditanam lada perdu, yaitu di antara tumpukan serasah dengan jarak 1,5 m antarbarisan dan 1,0 m dalam barisan. Dengan begitu, diperoleh populasi sebanyak 5.300 pohon/ha.

  • Pembuatan lubang tanam

Lubang tanam dibuat dengan menggali tanah di tempat pancang/ajir dengan ukuran 40 cm x 40 cm x 40 cm. Tanah bagian atas/top soil (sampai kedalaman 20 cm) ditempatkan di sebelah timur lubang dan tanah bagian dalam (sub soil) ditempatkan di sebelah barat lubang. Lubang dibuat dua minggu sebelum tanam.

 

Sumber: Buku Lada

 

Baca Juga:  Mengenal Jenis Bibit Tebu yang Sering Ditanam