Persiapan Matang untuk Memulai Bisnis Ternak Sapi Potong

Pertanianku — Kunci keberhasilan usaha ternak sapi potong ditentukan oleh berbagai hal, salah satunya persiapan matang. Persiapan ini harus dilakukan sebelumnya agar usaha yang dijalankan efektif sehingga peternak akan mendapatkan keuntungan maksimal. Berikut ini beberapa persiapan krusial yang perlu Anda lakukan.

ternak sapi potong
foto: Pertanianku

Lokasi usaha yang ideal

Penentuan lokasi usaha sapi potong harus dilakukan dengan tepat agar kegiatan usaha ternak berlangsung lancar. Pemilihan lokasi yang tepat dapat meminimalisir kendala selama proses ternak. Penentuan lokasi menyesuaikan dengan jenis sapi, ketersediaan sumber pakan, ketersediaan air, sirkulasi udara yang baik, mudah diakses pasar, dan kondisi lingkungan sosial ideal.

Kandang ideal

Persiapan selanjutnya adalah kandang yang ideal. Kandang yang dibangun harus disesuaikan dengan usaha sapi potong yang akan Anda jalankan. Umumnya, usaha sapi potong terbagi menjadi dua segmen, yaitu penggemukan dan pembibitan. Tiap segmen usaha membutuhkan model kandang yang berbeda-beda.

Saat membangun atau memilih kandang, Anda harus memperhatikan arah kandang, ukuran kandang, kondisi atap dan ketinggian kandang, dinding kandang, lantai dan alas kandang, lingkungan di sekitar kandang, serta peralatan yang digunakan selama beternak. 

Pakan ternak

Sebagai peternak sapi, Anda harus mengetahui kebutuhan nutrisi sapi yang akan dipelihara. Selain itu, Anda juga harus mengetahui dasar-dasar pencernaan sapi. Dengan demikian, Anda bisa memberikan pakan yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi sapi. Pasalnya, ada banyak jenis bahan pakan yang dapat diberikan ke ternak sehingga Anda harus mengetahui kebutuhan ternak agar pemberian pakan efisien dan menghasilkan dampak yang sesuai dengan keinginan.

Penanganan hama dan penyakit

Hama dan penyakit menjadi hal yang sulit dipisahkan dari bidang usaha peternakan. Serangan hama dan penyakit hanya dapat diminimalisir dengan teknik pencegahan yang tepat.

Baca Juga:  Kotoran Sapi Sumber Pendapatan Tambahan Bagi Peternak

Seluruh persiapan matang untuk usaha ternak sapi potong diulas secara jelas di buku Kupas Tuntas Beternak Sapi Potong. Buku ini dapat menjadi sumber referensi untuk Anda yang akan memulai atau sedang mengembangkan usaha ternak sapi potong.