Persiapan Memulai Usaha Jamur Skala Rumah Tangga


Pertanianku — Memulai suatu usaha tidak bisa hanya bermodalkan niat. Ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan, termasuk saat akan memulai usaha jamur skala rumah tangga. Persiapan memulai usaha jamur skala rumah tangga berperan penting terhadap kesuksesan usaha itu kelak.

usaha jamur
Foto: Google Image

Lantas, apa saja persiapan yang perlu dilakukan? Menurut buku “Usaha 4 Jenis Jamur Skala Rumahan“, sekurang-kurangnya ada 3 persiapan yang perlu Anda lakukan sebelum memulai usaha jamur skala rumah tangga.

  1. Menentukan lokasi usaha

Lokasi ideal untuk budidaya jamur tentu saja yang kondisinya mirip dengan habitat asli jamur. Sebab, semakin mendekati lingkungan aslinya, maka pertumbuhan jamur pun semakin baik.

Dalam memilih lokasi usaha, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Misalnya saja, lokasi memiliki suhu dan kelembapan yang sesuai dengan kebutuhan jamur yang akan dibudidayakan. Pilih lokasi yang bebas dari pencemaran udara dan dekat dengan sumber air.

Selain itu, pilih lokasi yang memungkinkan Anda mudah untuk mendapatkan sarana produksi seperti media tanam dan bibit, serta lokasi tersebut gampang dijangkau dengan berbagai transportasi.

  1. Membangun rumah produksi

Hal lainnya yang perlu disiapkan ialah rumah produksi atau rumah kumbung. Namun, bagi pemula yang tidak memiliki cukup lahan untuk membangun rumah kumbung, bisa memanfaatkan salah satu ruangan yang ada di rumah. Rumah kumbung dapat dibuat secara permanen atau semipermanen.

  1. Mendapatkan bibit jamur

Terakhir, persiapan yang perlu Anda lakukan untuk memulai bisnis jamur skala ruaman ialah mendapatkan bibit jamur. Bibit jamur termasuk kebutuhan vital dalam budidaya jamur. Bibit dapat Anda peroleh dengan cara membiakkannya sendiri atau dapat pula dengan membeli bibit murni untuk kemudian dikembangkan sendiri.

Baca Juga:  Aneka Olahan Cabai Terus Dikembangkan