Persiapan Pembuatan Kandang Ayam

Pertanianku – Persiapan kandang dimulai dari pemilihan kandang yang akan digunakan. Untuk pembibitan selain ayam betina, juga dipelihara ayam jantan. Untuk pembibitanayam ras terutama untuk pemeliharaan grand parent stock (parent stock) ayam  broiler yang ayamnya besar-besar relatif kurang mampu beradaptasi dengan cuaca panas di Indonesia maka pembibit biasanya memilih menggunakan kandang closed house yang bisa dikontrol suhunya.

Persiapan Kandang Ayam

Kemudian pembibit juga lebih seringmenggunakan lantai litter atau gabungan  antara litter dan slat. Penggunaan lantai litter untuk memudahkan ayam jantan ketika mengawini betinanya sehingga daya tetas tinggi, sedangkan penggunaan slat untuk menghasilkan telur yang lebih bersih. Telur yang bersih diperlukan untuk menghasilkan daya tetas tinggi dan kualitas DOC yang baik.

Loading...

Sanitasi yang ketat sangat diperlukan untuk kandang pembibit, sebab beberapa penyakit induk akan diturunkan pada anak ayam yang dihasilkan. Sanitasi yang ketat dimulai dengan pemilihan letak kandang ayam pembibit. Letak kandang ayam pembibit harus jauh dari kandang komersial. Selanjutnya adalah proses pencucian dan sterilisasi kandang untuk menerima kedatangan DOC (fase brooding).

 

Sumber: Buku Panduan Lengkap Ayam

Baca Juga:  Kunci Sukses Usaha Ayam Petelur
Loading...
Loading...