Persiapan Pengembangan Kebun Durian Unggul


Pertanianku – Untuk sukses memproduksi durian unggul, perlu dikuasai manajemen produksi yang tepat. Agar diperoleh produktivitas yang tinggi dan kualitas buah yang memenuhi standar dengan biaya yang dapat memberikan keuntungan maksimum.

Panen Durian 100 Buah per Pohon

Persiapan pengembangan kebun merupakan seluruh kegiatan sebelum penanaman dilakukan yang sangat menentukan pencapaian target produksi durian unggul. Persiapan tersebut yaitu sebagai berikut.

  1. Penetapan lokasi tanam. Lokasi tanam sangat menentukan keberhasilan produksi durian unggul, baik dilihat dari produktivitas, kualitas, serta biaya produksi. Lokasi harus memenuhi syarat agroklimat (dibahas dalam bab selanjutnya).
  2. Penetapan varietas. Tahapan ini sangat penting karena berkaitan dengan daya adaptasi dan target pasar. Varietas-varietas durian sangat bervariasi dalam hal daya adaptasi sehingga ada varietas yang baik pada satu lokasi, tetapi kurang baik di lokasi yang lain. Dengan demikian, pemilihan varietas yang tepat dengan lokasi tanam menjadi sangat penting. Terdapat varietas yang relatif luas daya adaptasinya, yaitu Monthong dan Matahari. Selain itu, varietas juga berkaitan dengan target pasar, misalnya supermarket atau konsumen khusus durian.
  3. Penyediaan bibit. Bibit sebaiknya bersertifikat untuk menjamin mutu genetik serta memiliki ukuran dan vigor yang baik. Selain itu, bibit juga harus bebas penyakit untuk menjamin keberhasilan penanaman dan tercapainya keseragaman mutu buah.
  4. Persiapan lahan. Untuk tumbuh baik, persiapan lahan yang prima sangat dibutuhkan. Persiapan lahan menyangkut pembersihan gulma, pemetaan kebun, jarak tanam, pembuatan lubang, dan penyediaan pupuk dasar.

 

Sumber: Buku Berkebun Durian Unggul

Baca Juga:  Dahsyatnya Manfaat Belimbing Wuluh untuk Atasi Berbagai Penyakit
loading...
loading...