Persiapan Perkawinan pada Domba

Pertanianku – Untuk melakukan perkawinan pada domba, ada beberapa langkah persiapan yang harus dilakukan, yaitu sebagai berikut.

Domba_Citayem_Bayu_120511 (68)

a. Pemeriksaan induk yang pernah beranak

Loading...

Kira-kira 60 hari sesudah induk beranak, peternak sudah harus memperhatikan induk tersebut untuk dikawinkan kembali. Sekitar 60 hari setelah melahirkan, jaringan organ reproduksi yang sobek akibat proses kelahiran telah pulih kembali sehingga peternak tidak perlu menunggu lama untuk membuat persiapan perkawinan kembali. Sasaran pemeriksaan terhadap induk yang pernah beranak adalah pengamatan untuk menemukan tanda-tanda birahi.

b. Pemberian pakan yang berkualitas

Jumlah dan kualitas pakan induk untuk dikawinkan perlu ditingkatkan. Di samping itu, induk perlu diberi hijauan ditambah konsentrat 0,5 kg/ hari/ekor selama tiga minggu. Tujuannya adalah agar induk menjadi lebih kuat dan sehat serta jumlah sel telur yang diovulasikan jugameningkat. Dengan demikian, harapan agar induk dapat melahirkan anak kembar bisa terjadi.

c. Pemangkasan bulu

Bulu di sekitar alat reproduksi, ekor, dan dubur perlu dibersihkan dengan cara memangkasnya. Domba jantan yang akan dikawinkan juga harus dipangkas bulu di sekitar penisnya. Pemangkasan bulu di sekitar alat reproduksi tersebut bertujuan agar pelaksanaan perkawinan berlangsung lancar.

 

Sumber: Buku Beternak Domba

 

Baca Juga:  Vaksin Herbal untuk Ayam Buras
Loading...
Loading...