Persiapan-persiapan yang Wajib Dilakukan Saat Bertanam Cabai di Musim Hujan

Pertanianku— Bertanam cabai di musim hujan bukan merupakan hal mustahil. Anda tetap bisa menanam cabai, hanya saja persiapan yang harus dilakukan sebelum menanam akan jauh lebih banyak. Persiapan tersebut sudah harus dilakukan sebelum masuk musim hujan. Berikut ini beberapa persiapan yang wajib dilakukan saat Anda ingin bertanam cabai di musim hujan.

bertanam cabai di musim hujan
foto: Pertanianku

Media tanam

Media tanam sudah harus disediakan sebelum memasuki musim hujan, terutama tanah untuk media tanam semai benih. Persiapan harus dilakukan sebelum musim hujan tiba agar bisa mendapatkan tanah yang kering. Tanah tersebut harus disterilisasi terlebih dahulu dengan cara disangrai selama 15 menit. Sangrai tanah sebaiknya dilakukan ketika tanah sudah dicampur dengan pupuk dan diayak.

Persiapan tenaga kerja

Tenaga kerja yang dibutuhkan untuk menanam cabai ketika musim hujan akan jauh lebih banyak dibandingkan musim kemarau. Hal ini karena ada banyak persiapan yang harus dilakukan, seperti pemasangan mulsa dan ajir yang harus dilakukan sebelum sore hari. Jika pemasangan ditunda-tunda, dikhawatirkan akan turun hujan.

Pemilihan lokasi

Menanam cabai tidak boleh dilakukan di lahan bekas tanaman famili Solanaceae seperti tomat, kentang, dan terung. Lokasi menanam yang bisa digunakan adalah bekas penanaman padi, kacang-kacangan, jagung, dan kubis.

Penanaman cabai di musim hujan harus dilakukan di lahan terbuka dan tidak ternaungi oleh tanaman besar. Hal ini karena intensitas cahaya matahari yang muncul pada musim hujan lebih rendah dibanding kemarau. Pemilihan lokasi yang terbuka diharapkan bisa membuat tanaman mendapatkan sinar matahari secara optimal.

Ketinggian lokasi

Bertanam cabai pada musim hujan sebaiknya dilakukan di lokasi dengan ketinggian sekitar 200—600 m dpl. Jika cabai ditanam pada ketinggian lebih dari 600 m dpl, dikhawatirkan mudah terserang penyakit karena daerah tersebut akan sering berkabut sehingga tingkat kelembapan udaranya menjadi tinggi.

Baca Juga:  Poin-poin Penting untuk Membangun Pertanian Indonesia Menurut Mentan Syahrul

Pemasangan tudung plastik

Untuk mengatasi masalah tingkat kelembapan yang tinggi, petani dapat membangun konstruksi yang terbuat dari bambu dan plastik. Penggunaan tudung ini memudahkan petani untuk melindungi tanaman saat intensitas hujan sedang tinggi.

 


loading...