Persiapan Sebelum Memulai Bisnis Peternakan

Pertanianku — Ada beberapa hal yang harus diketahui saat calon peternak saat hendak memulai bisnis peternakannya agar kelak usahanya berjalan dengan lancar dan menghasilkan keuntungan. Jangan pernah takut gagal, takutlah jika Anda tidak memiliki rasa ingin belajar. Berikut ini beberapa hal mendasar tentang persiapan sebelum memulai bisnis peternakan.

memulai bisnis peternakan
foto: pexels

Memilih usaha

Memilih jenis bisnis peternakan yang tepat dapat membawa keuntungan yang menggiurkan. Jenis usaha menentukan sukes atau tidaknya usaha yang dilakukan. Faktor ini penting untuk dicermati. Pasalnya, banyak orang cenderung ikut-ikutan karena tergiur melihat kesuksesan usaha orang lain. Pasalnya, setiap jenis usaha yang sedang dilakukan memiliki karakteristiknya masing-masing yang belum tentu bisa diaplikasikan di tempat atau cara yang berbeda.

Loading...

Potensi yang dimiliki

Kemampuan atau keahlian menjadi bahan pertimbangan yang harus dimiliki. Tak harus berawal dari diri sendiri, Anda bisa menyewa jasa ahli untuk membantu sekaligus belajar. Jika mempekerjakan orang lain, sebaiknya Anda mengetahui dengan pasti keahliannya.

Modal

Usaha selalu membutuhkan modal. Namun, modal tak selalu berbentuk uang, barang, atau lahan. Modal yang harus Anda miliki adalah niat, semangat, kerja keras, dan keyakinan. Tak jarang, ada orang yang memiliki modal uang dan sarana lain, tetapi tidak pandai dalam mengelola usaha. Ada juga orang yang hanya bermodalkan semangat dan keyakinan bisa meraih kesuksesannya.

Modal keberanian menjadi salah satu modal penting yang harus dimiliki oleh para peternak untuk memulai bisnis peternakan. Sementara, modal berupa uang dan materi lain bisa dicari sembari usaha dijalankan.

Peluang

Tak semua orang pintar membaca peluang usaha. Tipe pengusaha bisnis yang sukses adalah mereka yang pintar membaca peluang karena selalu berusaha melihat suatu kejadian dari sisi positif. Salah satunya itik, tak banyak yang ingin membudidayakan itik karena hanya bisa diambil telurnya. Namun, peternak asal Depok mencoba peluang itik muda potong yang memiliki daging lebih lezat dibanding itik yang sudah afkir.

Baca Juga:  Sapi Wagyu Mulai Dibudidayakan di Indonesia

Masa depan

Sebaiknya pilih bidang usaha yang Anda sudah yakin tentang masa depannya agar usaha bisnis peternakan Anda bisa stabil dan kebutuhannya tidak pernah surut.

Menentukan lokasi yang strategis

Penentuan lokasi sangat perlu dilakukan, tetapi sering diabaikan. Pasalnya, lokasi menentukan seberapa besar modal yang harus Anda keluarkan, apa saja potensi yang bisa digunakan, dan sudah cocok atau belum dengan karakteristik hewan yang akan diternakkan.

Loading...
Loading...