Persiapan untuk Menanam Cabai di Pot

PertaniankuMenanam cabai di pot bisa menjadi pilihan alternatif saat Anda sudah mulai merasa bosan di rumah dan ingin melakukan sesuatu yang sangat bermanfaat. Sebelum mulai menanam, ada baiknya Anda menyiapkan beberapa kebutuhan yang harus dipenuhi. Berikut ini beberapa persiapan yang harus Anda sediakan.

menanam cabai di pot
foto: pertanianku

Pot

Sebelum ditanam, bibit cabai harus disemai terlebih dahulu sampai berumur 3—4 minggu atau setelah memiliki 4—6 helai daun. Sambil menungu, Anda bisa menyiapkan pot dan media tanam, pilihlah pot yang berdiameter minimum 15 cm. Pot bisa terbuat dari tanah, polibag, plastik, kaleng bekas, atau drum. Pasikan bagian bawah dasar pot sudah dilubangi terlebih dahulu. Tujuannya, agar air siraman tidak menggenangi media di dalam pot.

Loading...

Siapkan media tanam

Media tanam yang bisa digunakan dalam budidaya cabai di dalam pot sangat beragam. Hal ini bergantung pada kemudahan serta kemampuan Anda untuk mendapatkannya. Yang terpenting, pastikan media tanam gembur, subur, dan bebas hama tanah. Berikut ini beberapa formulasi media tanam yang bisa Anda gunakan.

  1. Tanah + pasir + pupuk kandang (1:1:1 atau 2:1:1)
  2. Tanah + sekam + pupuk kandang (1:1:1 atau 2:1:1)
  3. Abu sekam + pupuk kandang (1:1)

Media tanam sebaiknya dicampur juga dengan pupuk KCL dan TSP. Sementara, untuk mematikan hama yang masih tertinggal di dalam media, gunakan insektisida atau nematisida seperti Furadan 3G.

Selanjutnya, penting untuk menyeimbangkan pH media tanam dengan cara memberikan kapur seperti dolomit yang dicampurkan ke dalam media dan dibiarkan selama 1—2 minggu sebelum digunakan.

Mengisi pot

Media tanam yang sudah siap bisa dimasukkan ke pot beberapa hari sebelum bibit dipindahkan. Tujuannya, agar media tanam di dalam pot lebih kompak dan padat saat ditanami. Masukkan pecahan genting atau batu bata ke dalam dasar pot sebelum memasukkan media. Selanjutnya, masukkan media hingga kurang lebih 5 cm dari bibir pot. Tempatkan pot di ruang terbuka dan mendapatkan sinar matahari pagi.

Baca Juga:  Keunggulan Menggunakan Hidroponik Starter

Menanam cabai di pot kini sangat mudah, Anda bisa mendapatkan beragam benih cabai berkualitas di Toko Trubus terdekat di kota Anda. Selain itu, di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ini, cukup pesan hal-hal yang diperlukan untuk bertanam di rumah melalui online di website Toko Trubus. Toko Trubus menyediakan beragam kebutuhan tanaman, mulai dari benih hingga sarana berkebun.

Loading...
Loading...