Persiapan Wadah Budidaya Belut


Pertanianku – Jika kegiatan usaha belut ini dimulai dari pembenihan maka perludiperhatikan hal-hal yang dibutuhkan, baik dari segi penggunaan  wadah, media, dan pemilihan induk. Sebelum pembenihan dilakukan, hal pertama yang harus dipersiapkan adalah wadah dan media untuk pemijahan.

Persiapan Wadah Budi Daya Belut

Secara umum, dalam melakukan usaha pembenihan belut, diperlukan minimal tiga wadah pemeliharaan, yaitu kolam induk, kolam pemijahan, dan kolam pendederan.

  1. Kolam induk

Belut yang dimasukkan ke kolam ini adalah belut dewasa berumur empat bulan untuk belut betina dan enam bulan untuk belut jantan. Calon induk belut dimasukkan ke dalam kolam induk selama 1—2 minggu sebelum dipijahkan hingga induk matang gonad dansiap untuk dipindahkan ke kolam pemijahan.

2. Kolam pemijahan

Kolam ini dimaksudkan untuk induk-induk yang sudah matang gonad sehingga dapat melakukan pemijahan. Selain sebagai tempat pemijahan, kolam ini juga digunakan untuk tempat penetasan dan pemeliharaan benih belut yang baru menetas hingga berukuran sekitar 3—5 cm.

3. Kolam pendederan

Benih yang dipanen dari kolam pemijahan selanjutnya dipelihara dalam kolam pendederan hingga mencapai ukuran bibit yang siap dibesarkan (15 cm).

loading...
loading...