Persiapan yang Harus Dilakukan Ketika Domba akan Kawin

Pertanianku — Salah satu proses yang harus dilakukan ketika beternak domba adalah perkawinan. Semua ternak, termasuk domba, membutuhkan persiapan yang matang sebelum kawin agar mampu menghasilkan anak domba berkualitas. Ada beberapa persiapan yang harus diperhatikan peternak sebelum domba kawin, seperti memeriksa kondisi induk, pemberian pakan berkualitas, dan pemangkasan bulu.

domba kawin
foto: pixabay

Berikut ini beberapa persiapan yang harus dilakukan saat mengawinkan domba.

Memeriksa kondisi induk yang sudah beranak

Jika induk domba yang digunakan sudah pernah beranak, Anda harus melakukan pemeriksaan secara rutin sebelum domba kawin. Kira-kira 60 hari sesudah induk beranak, peternak harus memerhatikan kondisi induk untuk dipersiapkan memasuki proses perkawinan selanjutnya. Jaringan organ yang rusak akibat proses melahirkan sudah bisa pulih setelah 60 hari dan pada saat itu peternak sudah bisa mengawinkan kembali induk domba.

Kondisi yang harus diperhatikan pada induk yang sudah beranak adalah tanda-tanda kapan induk birahi.

Memberikan pakan berkualitas

Pakan berkualitas dapat memenuhi seluruh kebutuhan nutrisi domba. Domba yang nutrisinya terpenuhi dapat berkembang dengan baik. Kualitas pakan harus lebih ditingkatkan ketika akan memasuki musim domba kawin.

Selain pakan hijauan, domba juga perlu diberikan konsentrat sebanyak 0,5 kg/hari/ekor selama tiga minggu. Hal ini berguna agar jumlah sel telur yang diovulasikan oleh induk domba menjadi meningkat. Dengan begitu, harapan induk dapat melahirkan anak kembar bisa lebih besar.

Pemangkasan bulu

Selain persiapan secara fisik dan pakan, bulu induk yang akan kawin juga harus dicukur dan dibersihkan, terutama pada bulu yang berada di sekitar alat reproduksi, ekor, dan dubur. Untuk domba jantan, bulu yang berada di sekitar penisnya harus dicukur.

Pemangkasan bulu di sekitar alat reproduksi sangat berguna untuk melancarkan proses perkawinan domba. Domba bisa lebih nyaman melakukan perkawinan jika jumlah bulu di sekitar alat reproduksi tidak terlalu banyak.

Baca Juga:  Jangan Panik! Begini Caranya Mengatasi Kelinci yang Pilek

Kesuburan betina dan pejantan

Betina dan pejantan yang subur bisa menjadi salah satu kunci keberhasilan mengawinkan domba. Induk yang subur dapat beranak dengan cepat, sedangkan pejantan yang subur bisa menghasilkan jumlah spema yang banyak setiap kali ejakulasi.

 


loading...