Pertanian Jadi Solusi Tepat Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat

Pertanianku — Pertanian merupakan sektor penting untuk keberlangsungan hidup masyarakat di dalam suatu negara. Selain untuk memenuhi kebutuhan pokok, sektor pertanian juga menjadi roda ekonomi masyarakat. Dengan terbukanya lahan pertanian serta perhatian yang baik dalam dunia pertanian, akan semakin banyak peluang usaha yang menjanjikan sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan rakyat.

kesejahteraan rakyat
foto: pertanianku

Peluang usaha tersebut dapat diisi oleh masyarakat yang masih kurang beruntung sehingga mampu memiliki penghasilan. Di Bali, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memaparkan betapa pentingnya mengoptimalkan lahan pertanian yang berada di Provinsi Bali. Apabila seluruh lahan tersebut digunakan dan digarap secara optimal, Syahrul yakin dapat menjadi solusi untuk menurunkan angka kemiskinan.

“Kalau kita bicara Bali, semua orang tahu bahwa sejak dulu Bali itu adalah contohnya pertanian. Zaman saya jadi lurah, saya dapat ilmu pengelolaan air dari Bali. Pertanian di Bali itu adalah pilar utama dalam menurunkan angka kemiskinan,” ujar Syahrul Yasin Limpo selaku Menteri Pertanian seperti dikutip dari laman Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Loading...

Terlebih, pada saat ini pertanian di Indonesia mulai menggunakan peralatan modern seperti pertanian di negara-negara maju. Dengan teknologi, sistem pertanian akan berjalan dengan mudah. Sistem-sistem tersebut sudah masuk dalam bagian revolusi industri 4.0 yang menggunakan artifical intelligence.

“Jadi, pertanian itu tidak lagi penuh dengan lumpur, atau berkeringat, dan capek. Pertanian sekarang di era 4.0 hanya duduk manis di kali dan bermain dengan smartphone atau komputer,” ujar Syahrul.

Dari satu jenis tanaman saja, pertanian sudah mampu membuka lapangan pekerjaan. Apalagi, Indonesia merupakan negara yang subur dan mampu menumbuhkan beribu jenis tanaman yang memiliki nilai ekonomi.

“Pertanian itu bersolusi langsung pada rakyat. Bicara pertanian, berarti kita bicara lapangan pekerjaan. Dari jagung saja bisa 42 jenis, belum lagi dari jenis lain. Makanya, kita harus menjadikan pertanian sebagai tempat kerja yang baik dan tempatnya orang-orang menjadi kaya raya,” lanjut Syahrul.

Baca Juga:  Kartu Tani Sangat Penting untuk Melindungi Hak Petani

Untuk meningkatkan taraf hidup, masyarakat bukan hanya didorong untuk memproduksi hasil panen tanpa adanya penyuluhan pascapanen dan pemasaran yang baik. Kedua hal tersebut merupakan bagian dari proses pertanian yang harus terlaksana. Jika proses produksi, pascapanen, dan pemasaran berjalan dengan baik, pertanian mampu meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Loading...
Loading...