Pertanian Organik Selamatkan Bumi dari Pemanasan Global


Pertanianku Pertanian organik dikatakan dapat menyelamatkan bumi dari pengaruh pemanasan global. Pemanasan global (global warming) adalah proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan yang dipengaruhi oleh berbagai sebab seperti efek rumah kaca yang meningkatkan konsentrasi gas-gas rumah kaca.

Pertanian organik
Foto: Pexels

Hasil pertanian pun tidak luput dari pengaruh pemanasan global. Menurut laporan Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC), di Indonesia sendiri telah terjadi kenaikan suhu rata-rata tahunan antara 0,2—1° C. Dampaknya, antara lain penurunan produksi pangan, peningkatan kerusakan ekosistem pesisir akibat banjir dan badai, hingga perubahan pola distribusi hewan sebagai pembawa penyakit.

Penggunaan emisi gas yang berlebih, pemakaian zat-zat kimia dalam pertanian, radiasi tinggi yang ditimbulkan alat-alat elektronik merupakan sedikit contoh perbuatan manusia yang merusak alam hingga memicu pemanasan global.

Khususnya dalam aspek pertanian, penggunaan bahan kimia yang sudah dianggap biasa adalah masalah serius bagi manusia. Hal ini dikarenakan zat kimia bukan hanya merusak kesehatan manusia, melainkan juga berdampak pada rusaknya lingkungan pertanian seperti air, tanah, dan udara, yang berujung pada pemanasan global.

Sejatinya, hal ini dapat dicegah dengan sistem pertanian organik. Sistem pertanian organik atau sering disebut pertanian berkelanjutan menjadi jaminan terjaga serta lestarinya alam pertanian. Penggunaan bahan yang serba alami, serta diproses dengan cara yang natural pun membuat pertanian organik menjadi solusi bagi keberlangsungan hidup manusia.

Salah satu penelitian yang mendalam oleh Rodale di Amerika Serikat menemukan bahwa pertanian organik lewat manajemen tanahnya tidak hanya memperkecil penggunaan bahan bakar fosil. Ia juga menyerap karbondioksida dan udara penyimpanannya sebagai karbon di dalam tanah.

Saat ini pertanian organik dianggap berperan besar dalam menyelamatkan bumi dari pemanasan global. Sebagai tambahan, beberapa riset juga telah menunjukkan bahwa pertanian organik lebih dapat bertahan di kondisi cuaca buruk, dengan hasil panen yang lebih besar daripada pertanian konvensional.

Baca Juga:  Tips Budidaya Cabai Rawit Agar Panen Setiap Hari

Menghormati seluruh kehidupan adalah prinsip yang menakjubkan dari pertanian organik. Hal ini menegaskan bahwa pertanian organik tidak hanya dapat memberi keamanan pada pangan, tetapi juga memberi manfaat luas bagi ekonomi, lingkungan, kesehatan, dan sosial.

loading...
loading...