Pertanian Sayur, Kegiatan yang Tak Tergerus Zaman


Pertanianku — Tanaman sayur memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Pertanian sayur juga disebut-sebut sebagai kegiatan yang tak akan tergerus zaman karena akan sangat dibutuhkan umat manusia sebagai bahan pangan.

Pertanian sayur
Foto: Pixabay

Akan tetapi, lahan pertanian yang semakin sempit karena alih fungsi menjadi lahan pemukiman penduduk menjadi salah satu alasan berkurangnya kegiatan bertani, termasuk penanaman sayuran sebagai bahan pangan keluarga. Namun demikian, hadirnya berbagai teknologi dan inovasi baru di dunia pertanian, lahan tidak lagi menjadi masalah besar.

Contoh sayuran yang bisa ditanam adalah sayuran daun atau sayuran umbi. Saat ini, menanam sayuran tak harus di lahan yang luas, tapi bisa dilakukan pula di pekarangan rumah. Manfaatnya, yaitu bisa membuat pekarangan rumah Anda terlihat lebih asri dan sejuk karena warna hijau yang dipancarkan sayuran.

Selain itu, Anda juga bisa memetik hasilnya langsung untuk dikonsumsi sehari-hari sebagai bahan pangan yang menyehatkan bagi keluarga.

Kendati begitu, meski Anda melakukan kegiatan itu di pekarangan, bertanam sayuran memerlukan perhatian lebih ketimbang tanaman lainnya. Agar hasilnya maksimal, Anda perlu memerhatikan dasar usaha bertanam di antaranya pengolahan tanah, pemupukan, pengelolaan air, penyemaian benih, penanaman, pemeliharaan tanaman, pemungutan hasil, dan penanganan hasil panen.

Sementara itu, beberapa sayuran daun dan sayuran umbi yang cocok untuk ditanam di pekarangan rumah antara lain kangkung, bayam, selada, caisim, wortel, bawang merah, dan masih banyak lagi. Perawatan yang mudah menjadi nilai tambah dari penanaman di lahan sempit. Tentu saja cara bertanamnya harus tepat dan benar agar hasilnya memuaskan.

Untuk itu, Penebar Swadaya telah menerbitkan buku Bertanam Sayuran Daun & Umbi yang akan mempermudah Anda dalam melakukan kegiatan bertanam sayuran di pekarangan.

Baca Juga:  Cara Menanam Buncis Tegak Tanpa Lanjaran

Buku ini memberikan gambaran mengenai teknik bertanam sayuran daun dan sayuran umbi yang praktis dan mudah diaplikasikan. Pembahasannya dimulai dari pengenalan jenis-jenis sayuran daun dan umbi, manfaat, pemilihan benih atau bibit, penyemaian, penanaman, perawatan, hingga panen.

Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan beberapa informasi singkat tentang sayuran daun dan umbi yang akan Anda tanam.