Ingin Coba Membuat Ikan Asin? Begini Langkah Mudahnya


Pertanianku — Produk hasil pengolahan ikan salah satunya ialah ikan asin. Bagi Anda yang tertarik terjun di industri pengolahan ikan asin ini, ataupun sekadar ingin membuat ikan asin sendiri di rumah, ada cara mudahnya yang bisa Anda tiru.

membuat ikan asin
Foto: Google Image

Industri pengolahan hasil perikanan memang kegiatan yang mentransformasikan bahan-bahan hasil perikanan menjadi produk yang memiliki nilai ekonomi lebih tinggi.

Pertama-tama, Anda harus menaburi ikan dengan garam untuk proses perendaman ikan segar yang akan diasinkan. Proses ini memakan waktu paling cepat 1 hari untuk ukuran ikan kecil dan 3 hari untuk ukuran ikan yang besar. Namun sebelum itu, ikan hendaknya dibersihkan dahulu agar hasilnya bagus.

Sementara itu, mengasinkan ikan sendiri bisa dilakukan dengan beberapa metode. Namun, berikut ini hanya akan dibahas 2 metode penggaraman ikan asin.

Cara basah

Mengasinkan makanan dengan cara basah Anda cukup menyiapkan larutan garam jenuh dengan konsentrasi larutan 30—50%. Setelah itu, ikan yang telah disiangi, disusun di dalam wadah/bak kedap air, kemudian tambahkan larutan garam secukupnya hingga seluruh ikan tenggelam dan beri pemberat agar tidak terapung.

Lama perendaman 1—2 hari, tergantung dari ukuran atau tebal ikan dan derajat keasinan yang diinginkan. Setelah penggaraman, bongkar ikan dan cuci dengan air bersih. Susun ikan di atas para-para untuk proses pengeringan/penjemuran.

Cara kering

Penyiangan ikan yang akan diolah dicuci bersih hingga bebas dari sisa-sisa kotoran. Selanjutnya, sediakan sejumlah garam kristal sesuai berat ikan. Untuk ikan berukuran besar, jumlah garam yang harus disediakan sekitar 20—30% dari berat ikan dan untuk ikan berukuran sedang 15—20%, sedangkan ikan yang berukuran kecil 5%.

Taburkan garam ke dalam wadah atau bak setebal 1—5 sentimeter, tergantung jumlah garam dan ikan yang akan diolah. Lapisan garam ini berfungsi sebagai alas pada saat proses penggaraman. Susunlah ikan di atas lapisan garam tersebut dengan cara bagian perut ikan menghadap ke dasar bak.

Baca Juga:  Mengenal Beragam Jenis Ikan Kerapu

Setelah itu, taburkan kembali garam pada lapisan ikan, lakukan penyusunan ikan dan garam secara berlapis-lapis hingga lapisan teratas adalah susunan dengan lapisan lebih banyak atau lebih tebal.

Tutuplah tumpukan ikan dan garam tersebut dengan keranjang bambu. Biarkan selama beberapa hari untuk terjadinya proses penggaraman. Untuk ikan berukuran besar selama 2—3 hari, namun ikan yang berukuran sedang dan ikan yang berukuran kecil selama 12—24 jam.

Selanjutnya, cucilah dengan air bersih dan tiriskan, susun ikan di atas para-para penjemuran. Pada saat penjemuran atau pengeringan, ikan sekali-kali dibalik agar cepat mengering.