Pertimbangan Memilih Calon Indukan Bakalan Murai Tangkapan Liar

Pertanianku – Ada beberapa alasan dan pertimbangan dalam memilih calon indukan bakalan dari hasil tangkapan liar di hutan. Dengan pilihan tersebut, pemilik harus ada rencana tersendiri untuk mempersiapkan bakalan dan mengetahui konsekuensinya. Berikut keuntungan dan kerugian memilih calon bakalan tangkapan liar.

Prospek Murai Batu Hasil Ternak

  • Keuntungan

Harga bakalan murai masih liar dari hasil tangkapan di hutan relatif murah. Namun, pembeli harus mengetahui secara pasti bibit yang dipilih sehingga bisa mempersiapkan kondisinya sebaik mungkin. Bisa diartikan pemilihan tersebut untuk mencari kepuasan karena segala sesuatunya harus dijalani sendiri sejak awal.

Loading...
  • Kerugian

Murai bakalan liar yang baru dibeli tidak bisa langsung ditangkarkan karena harus dipelihara terlebih dahulu. Pemeliharaannya hingga mau memakan pakan buatan, berganti bulu, dan tidak takut lagi dengan lingkungan. Di samping itu, betina dan jantannya harus dibuat rajin berkicau dan benar-benar berahi sebelum dipasangkan dalam satu kandang penangkaran. Kerugian yang akan dirasakan adalahkehilangan banyak waktu. Selain itu, membutuhkan kesabaran tinggi bagi yang ingin melakukannya karena merawat murai dari bakalan sampai siap kawin bukan perkara mudah.

 

Sumber: Buku Sukses Beternak Murai Batu

 

Loading...
Loading...