Pertimbangan yang Wajib Dipikirkan Sebelum Budidaya Ikan Konsumsi

Pertanianku Budidaya ikan konsumsi merupakan salah satu bidang usaha yang cukup berpotensial, pasalnya ikan merupakan salah satu bahan pangan yang disukai oleh orang Indonesia. Selain itu, ikan mengandung gizi yang cukup lengkap dan dibutuhkan oleh tubuh. Usaha ini dapat mendatangkan keuntungan apabila dilakukan dengan perencanaan matang.

budidaya ikan konsumsi
foto: Pertanianku

Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan terlebih dahulu sebelum akhirnya memutuskan untuk budidaya ikan, simak ulasannya di bawah ini.

Memilih jenis ikan yang sesuai

Ada banyak jenis ikan yang dapat dibudidayakan, mulai dari ikan air tawar hingga air laut. Namun, Anda tidak bisa sembarangan dalam memilih jenis ikan. Anda harus menganalisis terlebih dahulu jenis ikan yang dibutuhkan oleh pasar sehingga hasil budidaya Anda dapat diserap lebih mudah oleh pasar. Misalnya, ikan lele menjadi salah satu jenis ikan yang banyak dibutuhkan sehingga tingkat permintaannya terbilang tinggi.

Ketahui perkembangan selera di pasar

Masih berkaitan dengan jenis ikan, Anda perlu mengetahui jenis-jenis ikan apa saja yang sedang digemari konsumen di pasaran. Pembudidaya juga perlu menentukan segmen pasar sendiri agar dapat menentukan jenis ikan yang sesuai.

Pembudidaya harus merencanakan segmen mana dan jenis ikan apa yang akan dipilih. Dengan memahami target konsumen atau pasar serta selera yang sedang diminati, akan menjadi acuan untuk menjalankan usaha.

Pilih segmen yang paling mudah jika Anda pemula

Budidaya ikan memang tidak begitu sulit jika Anda pelajari. Namun, pada kenyataannya ada banyak masalah yang kerap muncul dan menghambat perkembangan usaha. Oleh karena itu, Anda perlu memilih segmen usaha yang paling mudah terlebih dahulu agar dapat belajar secara perlahan-lahan.

Untuk pemula, segmen yang paling mudah dilakukan adalah segmen pembesaran menggunakan bibit unggul yang dihasilkan dari pembudidaya lain yang sudah berhasil.

Baca Juga:  Budidaya Artemia Indoor di Bak Pemeliharaan

Ketahui selukbeluk budidaya ikan

Sebelum Anda terjun langsung dalam usaha budidaya ikan, Anda perlu menyiapkan modal berupa uang dan pengetahuan. Meski memelihara ikan terlihat mudah, pada kenyataannya ada banyak hal yang perlu diperhatikan lebih jauh. Misalnya, dari cara memilih bibit yang baik, karakteristik kolam yang digunakan, padat kolam, pengelolaan air di dalam kolam, pakan ikan, dan lain-lain.

Anda bisa mempelajari seluruh ilmu tersebut secara langsung pada pembudidaya yang sudah ahli. Agar ilmu yang Anda dapatkan lebih lengkap, Anda bisa membaca buku referensi seperti Panen Ikan di Kolam Terpal yang diterbitkan oleh Penebar Swadaya. Buku tersebut dapat membantu Anda sebagai pemula untuk budidaya ikan di dalam kolam terpal. Untuk mendapatkannya, Anda bisa langsung menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya.