Pertimbangankan Hal ini Sebelum Membeli Kucing


Pertanianku – Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika memutuskan untuk membeli kucing. Kehadiran kucing bisa saja akan mengubah pola hidup dan kebiasaan yang ada. Keberadaan kucing memerlukan komitmen tinggi karenakucing dapat hidup hingga 15—20 tahun jika memang beruntung. Membeli kucing berarti mempelajarinya setiap saat, meluangkan waktu untuk membawanya bermain serta periksa ke dokter, memelihara, dan merawatnya setiap hari.

Pertimbangan Sebelum Membeli Kucing

Hal lain yang perlu dipikirkan sebelum memutuskan membeli kucing, yaitu jenis, umur, dan jenis kelamin.

A. Jenis Pedigree

Ada begitu banyak pilihan, mulai dari pedigree atau breed atau ras hingga campuran (mix breed). Perhatikan Bab2 yang memaparkan dengan jelas kelebihan masing-masing kucing ras dan sesuaikan dengan kesibukan sebelum memutuskan untuk memeliharanya.

Kebanyakan orang membeli kucing ras alasannya cukup beragam. Kucing ras biasanya menjadi pilihan saat akan membeli kucing karena memang mempesona bentuk, warna, bulu, dan ukurannya, semuanya tergantung keinginan saja. Adapun 9 kucing ras yang populer saat ini adalah sebagai berikut.

  1. Persia. Ras ini dikenal sangat anggun, cantik, berbulu panjang, mata lebar, berwajah bulat, dan penyayang.
  2. Maine coon. Sama halnya dengan persia, ras maine coon juga penyayang dan lembut.
  3. Siamese. Ras ini bertubuh ramping, indah, dan vokal.
  4. American shorthair. Ras ini dikenal setia, penyayang, dan memiliki ciri khas dengan “huruf M” seperti tercetak di dahinya, dan warnanya pun juga menarik.
  5. Exotic. Ras persia berbulu pendek ini lebih mudah dalam perawatannya.
  6. Abyssian. Ras yang satu ini dipercaya dapat melindungi Raja Firaun di Mesir pada masa itu.
  7. Oriental. Perilakunya mirip dengan ras siamese dengan kombinasi warna yang indah.
  8. Scottish fold. Ras ini dikenal memiliki mata biru yang indah, bulu panjang yang mengilap, dan kuku putih.
  9. Burmese. Ras ini memiliki bulu yang sangat lembut dan tubuh yang kekar.
  10. Umur (Kitten atau Kucing Dewasa)

Saat akan membeli kucing, pertimbangan lainnya yang perlu  dipikirkan adalah membeli anak kucing (kitten) atau kucing dewasa. Hal tersebut sebenarnya berkaitan dengn tujuan membeli kucing apakah ingin memperbanyak keturunan kucing atau ingin mempelajari masa kecil hingga dewasa.

Pertimbangan umur berkaitan erat dengan sifat dan tingkah lakunya. Anak kucing berumur tiga minggu masih tergantung pada induknya. Oleh karena itu, membeli anak kucing umur tersebut perlu perawatan secara intensif hingga dewasa. Namun, karakternya bisa dibentuk sesuai lingkungan dan keinginan pemeliharanya.

Ketika beranjak remaja (umur 12—16 minggu), kucing sering mencoba sesuatu dengan instingnya sehingga karakternya sulit diubah. Sementara itu, kucing berumur 4—7 bulan biasanya sudah mandiri. Selain itu, masa-masa kritis kucing dewasa sudah terlewati sehinggatidak sesulit memelihara kitten.

B. Jenis Kelamin

Hal lain yang menjadi pertimbangan sebelum membeli kucing adalah jenis kelamin kucing yang akan dibeli, jantan atau betina. Tentu saja pemilihanny semua tergantung tujuan awal membeli kucing. Saat memilih betina, artinya pemilik harus siap dengan kemungkina akan sering kawin sehingga akan memerlukan banyak perawatan dan memakan banyak tempat.

Sebaliknya, jika memilih jenis kelamin jantan, tidak terlalu sulit dikontrol, terutama masa musim kawin. Kucing jantan cenderung akan mencari sendiri ke luar rumah betina yang akan dikawini olehnya. Pemilihan jenis kelamin bukanlah menjadi masalah. Hanya saja perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan awal membeli kucing. Misalnya, untuk memperoleh keturunan, membeli kucing jantan maupun betina ras tidak masalah karena semua hal akan dikontrol, termasuk mengontrol musim kawinnya dan hal lainnya yang berhubungan dengan perkawinan.

 

Sumber: Buku Panduan Lengkap Kucing

 

loading...
loading...