Pesona Ikan Hias Cyphotilapia frontosa

Pertanianku – Ikan cyphotilapia frontosa merupakan ikan hias dari keluarga cichlid yang berasal dari Danau Tanganyika, Afrika Timur.  Namun tidak seperti banyak spesies cichlid yang hidup di danau. Ikan ini biasanya akan mudah ditemui perairan dekat garis pantai.

Pesona Ikan Hias Cyphotilapia frontosa

Cyphotilapia frontosa dapat tumbuh sampai sepanjang sekitar 35 cm dan dapat hidup selama lebih dari 25 tahun. Ikan ini memiliki tanda yang berbeda dengan 6–7 garis vertikal hitam menghiasi tubuh putih atau biru dan kepala dan trailing sirip dengan warna biru yang berbeda. Spesies ini juga mengembangkan punuk nuchal yang lebih menonjol dalam spesimen yang lebih tua. Cyphotilapia frontosa adalah spesies monomorfik seksual, meskipun punuk kadang-kadang lebih jelas pada jantan.

Jika dipelihara di aquarium, cyphotilapia frontosa membutuhkan akuarium relatif besar mengingat ukurannya ditambah lagi ornamen gua atau struktur batuan dengan tujuan menyerupai tempat tinggal aslinya dan mengurangi stress. Sebuah tangki yang sanggup memuat 150 galon air dapat disi 6–8 frontosa. Kimia dan suhu air harus merepresentasikan kondisi Danau Tanganyika, pH berkisar antara 7,8–9,0 dan suhu air berada diantara 26–27 derajat celsius.

Ikan ini adalah pemakan oportunistik di alam liar sehingga jika diletakkan dalam akuarium, pakan harus memiliki kualitas yang baik, makanan beku seperti krill dan sesekali memakan cacing tanah. Karena mereka berasal dari air yang lebih dalam perawatan harus dilakukan untuk menghindari makanan mereka mengambang di permukaan akuarium, itu sebabnya kenapa pelet tenggelam adalah makanan pokok bagi cyphotilapia frontosa.

Baca Juga:  Tips dan Trik Budidaya Koi
Loading...