Pesona Jambu Air Mutiara Hitam, Jambu Air yang Mahal

Pertanianku — Pasti Anda jarang mendengar jenis jambu air mutiara hitam (black diamond), jambu air dengan harga jual yang digadang-gadang lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis jambu air umumnya. Rasa jambu air ini super manis dan memiliki penampilan yang unik. Tak heran, banyak pehobi tanaman buah yang tertarik untuk mendapatkannya agar bisa dibudidayakan dan dinikmati.

jambu air mutiara hitam

Jambu air mutiara hitam merupakan varietas unggulan yang diekspor dari Taiwan, sering disebut juga dengan nama hei zhen zhu. Meski diimpor dari Taiwan, tanaman jambu air mutiara hitam sudah bisa tumbuh optimal di Indonesia. Pertumbuhannya lebih bagus jika tanaman ditanam di tanah langsung dan mendapatkan pasokan air yang cukup.

Meskipun tidak menutup kemungkinan jambu air mutiara hitam bisa Anda tanam di pot, dijadikan sebagai tabulampot yang dapat menghiasi pekarangan rumah.

Tanaman jambu air ini dapat tumbuh hingga setinggi 12 meter, daunnya berwarna hijau tua dan bunganya berwarna putih. Buah jamur air mutiara hitam berwarna merah gelap dan cukup besar. Warna merah gelap pada buah jambu air ini membuat buah sekilas terlihat berwarna agak hitam kemilau. Rata-rata berat buah mutiara hitam mencapai 300—400 gram/buah. Keunggulan lain yang dimiliki mutiara hitam adalah cenderung tidak berbiji.

Bayangkan betapa nikmatnya mengonsumsi jambu air yang super manis, berukuran cukup besar, dan mayoritas tidak berbiji.

Jambu air mutiara hitam dapat ditanam di dataran rendah hingga tinggi dengan ketinggian yang mencapai 1.000 m dpl. Suhu yang cocok untuk mendukung pertumbuhan tanaman jambu adalah 18—28°C.

Umumnya buah jambu air akan terasa lebih manis jika ditanam di daerah curah hujan yang rendah/kering, sekitar 500—3.000 mm/tahun dan memiliki musim kemarau yang berlangsung lebih dari 4 bulan.

Baca Juga:  Manfaat Kulit Rambutan sebagai Obat Herbal

Salah satu kunci keberhasilan budidaya jambu air mutiara hitam ialah bibit yang digunakan. Tanaman bisa diperbanyak secara generatif ataupun vegetatif. Namun, perbanyakan vegetatif lebih sering digunakan karena bibit dapat menurunkan sifat unggul induk. Itu sebabnya Anda tidak boleh salah pilih bibit yang akan digunakan.

Anda bisa memperoleh bibit jambu air mutiara hitam berkualitas di Toko Trubus. Sebagai solusi pertanian, Toko Trubus menyediakan beragam bibit tanaman buah berkualitas dan unggulan. Selain itu, tersedia pula berbagai kebutuhan berkebun. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi WhatsApp admin Toko Trubus atau mengunjungi lokasi Toko Trubus terdekat di kota Anda.