Pesona Lobster Air Tawar di Akuarium


Pertanianku — Anda memiliki akuarium tapi bosan dengan ikan hias yang itu-itu saja? Mungkin sudah semestinya Anda mengganti dengan sesuatu yang baru, misalnya memelihara lobster air tawar di dalam akuarium.

lobster air tawar
Foto: Google Image

Sudah banyak penggemar ikan hias yang memeliharanya, lantaran satwa ini memiliki pesona keindahan gerak dan aktivitas lainnya. Dulu, lobster air tawar hanya dikenal sebagai bahan pakan bergizi tinggi. Maklum, anggota keluarga Crustacea ini memang memiliki hubungan kekerabatan yang dekat dengan udang.

Karena keindahan tubuhnya, beberapa orang mulai mencobanya sebagai pengisi akuarium, dan ternyata cukup asyik. Kita bisa melihat bagaimana cara crayfish berjalan dengan kaki-kakinya di dasar akuarium, gerakan capitnya yang besar dan kuat untuk berpegangan saat berpindah dari dahan tanaman air yang satu ke dahan lainnya.

Lobster air tawar juga mudah dipelihara, unik, dengan warnanya sangat indah. Secara keseluruhan, penampilan crayfish sangat menggemaskan, dan kita bisa menikmati semua sensasi ini di akuarium.

Sensasi itu bisa dirasakan ketika melihat mereka berjalan dan memakan ikan. Kendati memiliki kaki-kaki renang, lobster tak segan berjalan menggunakan kakinya. Ia pun bisa berpegangan pada dahan atau tangkai daun menggunakan capitnya saat memanjat tanaman air. Sangat menyenangkan kalau atraksi ini tertangkap mata.

Lobster juga lihai menangkap ikan yang diumpankan sebagai makanan. Lobster akan mencabik-cabik ikan menjadi potongan kecil dengan capitnya yang kokoh dan tajam. Ketika memangsa ikan, dicabik-cabik dulu, lalu dimakan.

Crayfish dapat dibedakan berdasarkan bentuk alat kelaminnya, yaitu lobster (alat kelamin berupa titik) dan klarcii (alat kelamin berupa tangkai panjang).

Kelompok lobster terdiri atas lobster capit merah (red claw) dan beberapa jenis lobster dari Papua seperti tiger papua, orange papua, blue moon, blue stream, dan blue yabbie. Adapun kelompok klarcii meliputi snow white, red marlboro, dan red klarcii.

Baca Juga:  Tips Budidaya Lobster hias di Akuarium dengan Mudah