Pesta Durian 2019, Pestanya Durian Jawara

Pertanianku — Durian memang selalu memiliki daya tarik yang luar biasa. Meski aromanya menyengat, justru hal tersebut yang membuatnya menjadi fenomenal. Tak heran King of fruit—sebutan populernya, memiliki begitu banyak penggemar di Indonesia. Nah, bila Anda termasuk pecinta durian, jangan lewatkan helatan Trubus Cipta Swadaya (Trubus Grup) bertajuk Pesta Durian 2019 yang akan berlangsung pada 28 Februari—3 Maret 2019 di Mal Artha Gading, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Pesta Durian 2019
Foto: Trubus Grup

Varian cita rasa dan penampilan durian yang berbeda di setiap daerah di Nusantara menjadi keunggulan dan keistimewaan buah berduri itu. Pesta Durian menghadirkan sederet durian unggulan asal sentra-sentra durian di Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Rizky Fadhilah, selaku panitia penyelenggara Pesta Durian 2019 mengatakan, nantinya akan hadir durian-durian istimewa dengan cita rasa prima dari berbagai daerah di Pulau Jawa. Sebut saja, durian kumbokarno asal Magelang; durian bolu, matahari, dan ketan dari Bogor; durian lenger, duri hijau, dan merica mas asli Wonosobo; durian si petot dari Pandeglang; serta tumbu dari Semarang.

Loading...

Selain jenis-jenis durian itu, masih banyak durian lain yang akan dibawa langsung dari kebun-kebun di sana. Seluruhnya adalah durian-durian jagoan yang sering memenangkan lomba durian di wilayah masing-masing. Karena itu, kata Kiki, tagline acara ini adalah “Pestanya Durian Jawara,”, yakni mengacu pada durian unggulan yang dihadirkan dari berbagai daerah di Pulau Jawa.

Selain bursa buah durian segar, di acara itu juga digelar Bazzar Serdadu (serba dari durian) yang menghadirkan ragam produk olahan dari buah durian. Variannya antara lain berupa sop durian, es krim durian, pancake durian, dan sebagainya yang akan dijajakan di gerai-gerai di event Pesta Durian.

Baca Juga:  Masker Avokad Solusi Jitu untuk Kulit Muka Kering

Menurut Kiki, Pesta Durian 2019 ini tentunya selain sebagai sarana penjualan sekaligus sarana promosi durian-durian lokal yang kualitasnya tak kalah dengan impor. Harapannya, pekebun mampu memanfaatkan peluang ekspor buah berduri ini ke berbagai negara potensial.

“Dengan terselenggaranya acara ini, kami ingin lebih mempromosikan durian-durian Indonesia yang memiliki keragaman jenis yang tinggi dan tidak kalah kualitasnya dengan durian negara-negara tetangga. Wacana untuk berkebun secara komersial kini terbuka lebar. Permintaan ekspor yang datang dari negara Tiongkok sudah di depan mata. Hanya tunggu aksi para pekebun untuk serius mengembangkan sejumlah durian unggulan,” tutur Kiki.

Selain bursa durian lokal unggul dan bazzar produk olahan durian, Trubus Cipta Swadaya juga akan menyelenggarakan talkshow “KupasTuntas Peluang Berkebun Durian” pada Sabtu, 2 Maret 2019 di Mall Artha Gading. Talkshow gratis ini menghadirkan dua narasumber utama, yaitu Adi Gunadi—Ketua Yayasan Durian Indonesia dan Josia Lazuardi—pekebun durian.

Bagi Anda yang ingin atau senang berkebun dan membudidayakan aneka tanaman, Pesta Durian juga akan diramaikan oleh Toko Trubus yang akan menyedikan bibit durian unggul seperti musangking, bawor, montong, dan jenis-jenis lokal unggulan lainnya. Selain bisa membeli aneka bibit, Anda juga dapat berkonsultasi mengenai perawatan tanaman dan kiat membuahkannya.

Loading...
Loading...