Pestisida Nabati untuk Hama Cabai

Pertanainku— Hama-hama yang menyerang pohon cabai bisa diatasi dengan ramuan pestisida nabati yang lebih aman dan mudah dibuat. Ramuan pestisida yang digunakan harus disesuaikan dengan jenis hama yang menyerang agar pestisida tersebut bisa optimal. Berikut ini beberapa ramuan pestisida nabati untuk hama tanaman cabai yang bisa Anda buat sendri di rumah.

pestisida nabati
foto: Pertanianku

Hama thrips

Hama thrips bisa diatasi dengan bawang putih, bawang merah, lengkuas, dan jahe. Seluruh bahan tersebut direndam selama semalaman ke dalam 10 liter larutan deterjen. Setelah selesai direndam, saring larutan dan semprotkan ramuan ke bagian tanaman yang terserang hama.

Kutu daun

Kutu daun dapat diatasi dengan segenggam tembakau yang direndam ke dalam 5 liter air deterjen selama semalaman. Setelah direndam, saring ramuan dan semprotkan ke bagian tanaman yang terserang. Penyemprotan bisa dilakukan 3 hari sekali jika kutu masih terlihat di sekitar tanaman cabai.

Kutu kebul

Kutu kebul bisa diatasi dengan 5 gram cabai, lengkuas, atau jahe yang direndam ke dalam air deterjen selama semalaman. Setelah direndam, tambahkan tumbukan biji nimbi halus sebanyak 105 gram dan semprotkan larutan ke tanaman yang terserang.

Ulat grayak dan ulat tanah

Hama ulat grayak dan ulat tanah dapat diatasi dengan menggunakan jebakan. Anda bisa menggunakan lampu sebagai penjebak kupu-kupu yang terbang di malam hari. Kupu-kupu yang tertangkap harus dibasmi agar tidak menghasilkan ulat grayak yang dapat merusak tanaman.

Ulat yang ditemukan di lahan juga harus langsung dimatikan agar tidak bermetamorfosis menjadi kupu-kupu yang dapat menghasilkan ulat kembali.

Tungau

Tungau bisa diatasi dengan merendam tembakau, lengkuas, dan kapulaga ke dalam 5 liter air deterjen. Setelah direndam selama semalaman, saring air ramuan dan semprotkan ke bagian bawah daun, tempat tungau berada.

Baca Juga:  Jaga Imun Tubuh Selama Berpuasa dengan Buah Segar

Lalat buah

Serangan lalat buah bisa diatasi dengan menggunakan perangkap kertas kuning atau yellow trap yang banyak dijual di toko-toko pertanian. Atau, Anda bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan kertas berwarna kuning dan dilumuri oleh lem tikus. Letakkan jebakan tersebut di sekitar area tanaman untuk memancing perhatian lalat buah.