Pestisida Nabati untuk Menumpas Hama Cabai

Pertanianku Hama cabai sangat beragam dan harus ditangani secepatnya agar hama tidak berkembang semakin pesat. Pengendalian hama sangat berguna untuk mengurangi risiko gagal panen. Ada banyak cara mengendalikan hama, salah satunya penggunaan pestisida berbahan kimia. Cara tersebut populer dikenal dan digunakan petani. Namun, sebetulnya masih ada cara lain yang lebih aman dan minim risiko, seperti pengendalian dengan pestisida nabati.

hama cabai
foto: unsplash

Hasil dari penggunaan pestisida nabati memang tidak secepat pestisida kimiawi. Pasalnya, sebagian besar pestisida nabati tidak bersifat mematikan. Pestisida ini lebih cenderung menurunkan hawa nafsu (makan) serangga sehingga tanaman tidak diserang hama. Berikut ini ramuan pestisida nabati yang tepat untuk jenis hama cabai.

Thrips

Hama thrips dapat menyerang daun muda, tunas, bunga, dan buah. Daun tanaman yang terserang menajdi keriput dan keriting ke arah atas. Anda bisa menggunakan 5 siung bawang putih, bawang merah, lengkuas, dan jahe. Seluruh bahan tersebut ditumbuk dan direndam semalam dalam 10 liter larutan deterjen. Keesokannya, saring dan semprotkan ke tanaman yang terserang.

Kutu daun

Kutu daun menyerang dengan cara mengisap cairan daun, pucuk, tangkai bunga, dan bagian tanaman lain. Gunakan segenggam tembakau, lalu rendam dengan 5 liter air deterjen selama satu malam. Selanjutnya, saring dan semprotkan ke tanaman yang terserang kutu.

Kutu kebul

Kutu kebul menghasilkan getah yang dapat mengundang cendawan jelaga Canodium. Embun tersebut dapat menghambat proses fotosintesis daun sehingga pertumbuhan tanaman terhambat. Rendam 5 gram cabai, jahe, atau lengkuas ke dalam air deterjen selama semalam. Keesokannya, tambahkan 1—5 gram tumbukan halus biji nambi. Saring larutan dan semprotkan ke tanaman yang terserang.

Tungau

Tungau menyerang tanaman dengan mengisap cairan sel daun atau pucuk tanaman. Rendam segenggam tembakau, lengkuas, dan kapulaga ke dalam 5 liter air deterjen. Keesokan harinya saring ramuan dan semprotkan ke bawah daun yang terserang tungau.

Baca Juga:  Menanam Bunga Mawar dari Biji Bunga

Lalat buah

Serangan lalat buah bisa diatasi dengan pemasangan perangkap beracun metil eugenol atau protein hidrolisat yang efektif memancing serangga jantan mendekat ke perangkap.

Untuk serangan hama ulat grayak dan ulat tanah, Anda bisa menggunakan perangkap lampu. Perangkap tersebut dapat menjebak kupu-kupu yang beterbangan pada malam hari.