Pestisida Organik untuk Mengatasi Hama Semut

Pertanianku — Semut merupakan salah satu hewan yang harus diwaspadai keberadaannya. Meskipun tidak mengganggu produktivitas tanaman secara langsung, kehadiran semut bisa memancing hama-hama lain seperti kutu yang menyebabkan embun jelaga. Hama semut biasanya hidup berkoloni di suatu pohon dan akan membentuk sarang yang terbuat dari daun tanaman.

hama semut
foto: Pixabay

Keberadaan semut yang tidak segera diatasi juga dapat menyulitkan pekerja untuk melakukan panen. Apalagi, jika yang dihuni oleh semut adalah pohon buah, pekerja akan kesulitan mengambil buah-buah yang sudah matang.

Untuk mengatasi hama semut, Anda masih bisa menggunakan berbagai cara alami tanpa bahan kimia. Hal ini sangat berguna untuk meminimalisir penggunaan bahan kimia yang bisa meninggalkan residu pada tanaman.

Hama semut bisa diatasi dengan pestisida organik yang terbuat dari tanaman. Berikut ini beberapa jenis tanaman yang dapat Anda gunakan untuk mengusir hama semut.

Srikaya (Annona squamosal)

Bagian yang bisa digunakan adalah biji srikaya. Biji ditumbuk hingga halus seperti tepung, lalu campurkan dengan air dan aduk hingga merata. Saring ramuan tersebut dan masukkan ke botol semprot. Semprotkan ramuan pestisida ke bagian tanaman yang banyak terserang oleh semut.

Sirsak (Annona muricata)

Bagian yang bisa digunakan adalah biji sirsak. Biji ditumbuk hingga halus seperti tepung. Setelah itu, campurkan dengan air dan aduk hingga rata. Saring ramuan dan masukkan ke botol semprot. Semprotkan pestisida organik tersebut ke bagian yang terserang hama semut.

Bunga mentega (Nerium indicum)

Bagian yang bisa dimanfaatkan adalah daun dan kulit kayu bunga mentega. Rendam daun dan kulit kayu ke dalam air hingga membusuk. Setelah itu, saring rendaman air tersebut dan masukkan ke botol semprotan. Semprotkan ramuan pestisida organik ke bagian tanaman yang dipenuhi oleh semut.

Baca Juga:  Anggur Akademik, Anggur Manis Nan Besar yang Banyak Dicari Orang

Mulwa (A. reticulate)

Bagian yang bisa dimanfaatkan adalah biji tanaman. Tumbuk biji hingga halus seperti tepung, lalu campur dengan air dan aduk hingga merata. Saring ramuan, lalu masukkan ke botol semprot. Semprotkan ramuan pestisida organik ke bagian tanaman yang dipenuhi oleh semut.

 

 


loading...